Peduli Sesama, Kecamatan Sumedang Selatan Sumbang Korban Gempa Cianjur

SUMEDANG, MEDIA PATRIOT – Pada tanggal 21 November 2022 lalu, Kabupaten Cianjur diguncang bencana gempa cukup dhasyat. Akibatnya, tidak hanya banyak koban jiwa, tapi mencakup kerugian materi hingga ratusan milyar rupiah.

Sudah barang tentu, dengan terjadinya peristiwa nahas itu banyak pihak dari berbagai kalangan, baik pemerintah pusat hingga daerah serta masyarakat secara pribadi berbondong-bondong memberikan bantuan terhadap korban gempa di Kota Tauco tersebut. Bantuan ini jelas merupakan wujud solidaritas serta rasa kemanusiaan antar sesama.

Salah satu yang peduli terhadap masyarakat korban gempa Cinajur itu datang dari Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Instusi pemerintah yang dinahkodai Dra. Marlina, M.Si ini dengan sigap mengajak segenap jajaran yang ada di wilayah kerjanya untuk menyisihkan sebagian rejekinya guna meringankan beban warga yang menjadi korban bencana.

Hasilnya cukup memuaskan. Dari hasil gotong royong dari warga di wilayah kerjanya itu terkumpul beberapa kebutuhan yang sekiranya dibutuhkan pihak korban. Misal, sembako, sandang dan papan.

“Alhamdulillah, kepedulian warga masyarakat Sumedang Selatan ternyata masih sangat tinggi. Mereka tak segan dan dengan sukarela menyisihkan sebagian rejekinya untuk disalurkan pada korban gempa. Jujur, saya merasa terharu sekaligus bangga akan kepedulian mereka,” tuturnya, saat dihubungi melalui pesan WhataApp, Sabtu 7/1/2023).

Pada kesempatan yang sama, Marlina juga berharap, bantuan tersebut bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh pihak korban. Dan, ia pun tak lupa mengucapkan rasa terimakasihnya terhadap para pihak yang telah sukarela menyumbang terhadap korban gempa.

“Semoga segala kebaikannya menjadi ladang amal dan mendapat pahala yang setimpal dari Allah SWT,” tukasnya.


Program Teras Hijau Kecamatan Sumedang Selatan


Selain bicara soal sumbangan gempa, Marlina dengan antusias juga membeberkan program kerjanya selama menjabat Camat Sumedang Selatan. Program tersebut dia berinama Greenhouse atau teras hijau Kecamatan Sumedang Selatan.

Bentuknya adalah Kecamatam Sumedang selatan melaksanakan Penyerahan Bibit Tanaman Sayuran dan Cabe untuk seluruh Kelurahan dan Desa dan Pembangunan Greenhouse Kecamatan.

Penyerahan bibit tanaman ini dalam rangka memberi contoh pada masyarakat supaya rajin menanam kebutuhan pokok di dapur, sehingga bisa menjaga ketahanan pangan keluarga, jaminan kesehatan dan membantu pemerintah dalam penurunan angka kemiskinan di wilayah kecamatan sumedang selatan.

Tak hanya itu, program Greenhouse ini juga guna menjadikan pelataran kantor menjadi lebih hijau dan terlihat asri. Dan, diharapkan, para karyawan atau pegawai bisa bekerja dengan nyaman, sehingga berdampak pada kinerja yang lebih baik.

Untuk diketahui, program greenhouse ini tidak hanya dilaksanakan di kantor kecamatan saja, melainkan di seluruh kelurahan dan desa yang ada di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan.

Program greenhouse sendiri menurut Marlina baru dimulai sejak 2 Januari 2023 lalu. Dan, sejatinya resmikan langsung oleh Bupati Sumedang, Donny Ahmad Munir.
Namun sayang, hal itu tak terwujud.
Lantaran, orang nomor satu di Kabupaten Sumedang ini tidak hadir karena pada saat bersamaan ada undang langsung dari Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. Oleh karena, peresmiannya ditunda. Meski demikian, Bibit tanaman secara simbolis ditrima di kecamatan, dan besoknya seluruh bibit tersebut di antar ke seluruh kelurahan dan desa.

Setelah pembagian bibit secara simbolis di kecamatan dilanjutkan sosialisasi di aula kecamatan untuk seluruh peserta apel yg hadir, uptd, kelurahan dan desa.
“Meski demikian, saya merasa bersukur bahwa peresmian berjalan lancar. Karena tamu undangan pun cukup banyak yang hadir,” pungkasnya. (Harun).

Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan