Pererat Tali Silaturahmi, PPBI Sumedang Rutin Kumpul Tiap Malam Sabtu di Galeri Bonsai Agus Wahidin.


Sumedang, Media Patriot – Hampir tiap malam Sabtu, anggota Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Sumedang kerap berkumpul di Galeri Bonsai Ketua PPBI Cabang Sumedang, H. Agus Wahidin, S.Pd., M.Si. Kumpulan ini, selain mempererat tali silaturahmi, juga sekaligus dimanfaatkan ajang sharing terkait kendala dan tips merawat bonsai.

Dipilihnya malam Sabtu, menurut Agus karena malam tersebut merupakan waktu yang dianggap pas untuk berkumpul dengan sebagian para anggotanya. Pasalnya, untuk hari-hari biasa (hari kerja), pria yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang ini terlalu disibukan dengan pekerjaannya. Terlebih, yang bersangkutan juga dipercaya sebagai Plt. BKSDM.

Masih dikatakan Agus, sengaja dirinya meluangkan waktu untuk berkumpul dengan sebagian para anggotanya yang datang dari berbagai tempat, agar kondisi tersebut bisa dijadikan momentum guna meningkatkan semangat pecinta bonsai untuk terus berkarya.

Pasalnya Agus berharap, memelihara pohon bonsai itu bukan sekadar dijadikan hobi, tapi harus berupaya sebisa mungkin bisa dijadikan nilai ekonomi yang tidak bisa ditakar nominalnya.

“Memelihara bonsai itu memang pada prinsipnya adalah seni, bila dilihat dari aspek idealisme. Namun, jangan salah bila hobi berdaya seni ini dikelola dengan baik dan profesional, bisa menghasilkan nilai ekonomi tak terbatas. Karena, bagi penghobi bonsai ini nggak pandang tua dan muda. Tapi, yang penting mampu menjiwai,” kata Agus.

Selain itu, lanjut Agus, bonsai sangat ampuh untuk mengusir rasa bosan.
“Bonsai ini harus menjiwai. Perawatan bonsai pun cukup kompleks. Karena dinilainya tidak hanya satu aspek. Tapi, ada beberapa aspek yang bisa dinilai keindahannya. Misal, bagian kaki, batang, dahan dan mahkota pohon,” ujarnya. (Iwn)

Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan