Motivasi Dari Para Pejuang, Kodam III/Siliwangi Ziarah Ke Makam Tjut Nya Dhien.

Sumedang, MPN.

HUT ke 77 Kodam III/Siliwangi, Pangdam Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Mia Kunto Arief Wibowo melaksanakan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Tjut Nya Dien di Desa Sukajaya Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

Ziarah sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Adhe Hansen di sela mendampingi Pangdam dalam melaksanakan ziarah, Sabtu (20/05).

Lanjut dikatakannya Tjut Nya Dien merupakan sosok perempuan pejuang dari Aceh yang memimpin perlawanan terhadap Belanda di daerah pedalaman Meulaboh.

Heroisme perjuangannya dilakukan sampai kondisi yang menua dan sakit-sakitan. Tjut Nya Dien terus berjuang melawan Belanda hingga akhirnya ditangkap.

Untuk menghindari pengaruhnya terhadap masyarakat Aceh, Tjut Nya Dien diasingkan pada tanggal 11 Desember 1905 di Pulau Jawa, tepatnya ke Sumedang Jawa Barat.

Di tempat pengasingannya, Tjut Nya Dien yang sudah renta dan mengalami gangguan penglihatan tetap mengajar agama dan merahasiakan jati diri sampai akhir hayatnya.

” Tjut Nya Dien wafat pada 6 November 1908 dan dimakamkan di Gunung Puyuh Kab. Sumedang Jawa Barat. Makam Tjut Nya Dien baru diketahui secara pasti pada tahun 1960 saat Pemuda Aceh sengaja melakukan penelusuran,” jelas Kapendam.

Pangdam beserta rombongan dengan didampingi oleh kuncen makam Gunung Puyuh melakukan ziarah dan doa bersama di pusara makam Tjut Nya Dien.

“Ziarah ini dilakukan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Kunto berpesan bahwa para pahlawan yang telah gugur dalam membela negara dapat menjadi sumber motivasi serta inspirasi bagi yang masih aktif untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa demi kejayaan bangsa dan negara.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, pada kesempatan itu di berikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal disekitar makam Pahlawan Nasional Gunung Puyuh Kab. Sumedang.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan