Mahasiswa KKN Unwira Beri Pelatihan Jurnalistik Dan Public Speaking di Smafix Boawae

Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang memberikan pelatihan jurnalistik dan public speaking kepada siswa-siswi SMAS St Fransiskus Xaverius (Smafix) Boawae pada Selasa, (1/8/2023).

 

Kupang, Mediapatriot – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKNT-PPM) Universitas Katolik Widya Mandira Kupang memberikan pelatihan jurnalistik dan public speaking kepada siswa-siswi SMAS St Fransiskus Xaverius (Smafix) Boawae pada Selasa, (1/8/2023).

Pelatihan jurnalistik dan public speaking merupakan salah satu program kerja peserta KKNT-PPM Unwira yang bertujuan untuk meningkatkan literasi bagi kaum milenial.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMAS St Fransiskus Xaverius dan puluhan siswa-siswi kelas XII.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan suatu hal yang positif, dimana anak-anak saat ini harus lebih banyak bergaul dengan hal yang berkaitan dengan pengembangan akademik sehingga mereka dapat melatih kemampuan berpikir kritis, kemampuan bernalar untuk mengkaji dan menganalisa serta memecahkan suatu masalah atau persoalan,” ungkap Kepala SMAS St Fransiskus Xaverius Boawae, Bruno Kewo Ule.

Ia juga mengaku bahwa kegiatan seperti ini sangat penting sehingga para pelajar harus dilatih sejak dini.

“Kegiatan seperti ini sangat penting sehingga para pelajar harus dilatih dan dipersiapkan sedini mungkin sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka di masa depan,” katanya.

Dalam rangkaian acara, mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi, Aurelia Edonero berkesempatan menyampaikan materi pelatihan mengenai dasar-dasar jurnalistik yang melingkupi unsur utama pembentuk berita dan proses kerja seorang jurnalis.

“Untuk menghasilkan sebuah berita maka ada beberapa proses kerja yang dilalui oleh jurnalis diantaranya penugasan, persiapan peliputan, peliputan, penulisan berita, pengeditan berita dan publikasi serta jurnalis perlu memperhatikan unsur-unsur berita,” jelasnya.

Selain itu, Pregrinus Rangga mahasiswa Ilmu Hukum juga menceritakan pengalaman di lapangan saat menjadi seorang public speaker.

“Public speaking bagi saya adalah seni berbicara berbicara di depan umum. Berdasarkan pengalaman, menjadi seorang public speaker, hal dasar yang perlu dimiliki adalah percaya diri,” ungkapnya.

Di samping itu, Ketua Osis Smafix. Mutiara Lory mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka karena adanya kegiatan ini mereka bisa mendapat wawasan dan pengalaman baru.

 

Egy Rangga

Editor : Jefri Seran


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan