WakilWalikota Jakarta Utara Membuka Pelatihan dan Pembinaan Bagi Siswa SMK Citra Edukasi Bangsa


Jakarta,- mediapatriot.co.id Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini membuka acara pelatihan dan pembinaan bagi siswa SMK di SMK Citra Edukasi Bangsa yang dilaksanakan oleh PWNU DKI Jakarta, Kamis (3/8). Kegiatan bertema ‘Gerakan Jakarta Menanam Untuk Udara Bersih Dan Merdeka Dari Polusi Udara’ ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Provinsi DKI Jakarta. Dalam kegiatan tersebut turut pula dilaksanakan penyerahan secara simbolis pohon untuk ditanam di lingkungan sekitar sekolah.

Pada kegiatan ini juga para siswa SMK diberikan pelatihan pemahaman tentang inovasi teknologi pertanian, strategi pengelolaan lahan, penggunaan sumber daya secara efisien, serta penguatan kemitraan antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil.

Dalam sambutannya Juaini menerangkan sebagai ibu kota negara, Provinsi DKI Jakarta memiliki peran krusial dalam menyediakan pangan yang cukup, aman, berkualitas, dan terjangkau bagi seluruh warganya.

“Namun, kami juga sadar, bahwa tantangan yang dihadapi untuk mencapai ketahanan pangan adalah sangat kompleks dan terus berkembang. Faktor-faktor seperti perubahan iklim, urbanisasi, peningkatan jumlah penduduk, dan keterbatasan lahan pertanian, semakin menuntut kita untuk beradaptasi dan berinovasi,” ucapnya.

Juaini mengatakan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan hari ini adalah langkah konkrit dalam upaya untuk memperkuat ketahanan pangan di Provinsi DKI Jakarta. Ia pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyelenggarakan kegiatan ini, termasuk para fasilitator, pakar ketahanan pangan, dan semua peserta yang hadir. Semua usaha ini tidak akan berarti tanpa kerjasama dan keterlibatan aktif dari semua.

Juaini menambahkan setiap langkah kecil yang diambil hari ini akan berdampak besar bagi masa depan semua. Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi momen berharga untuk bertukar gagasan, pengalaman, dan pengetahuan. Ia juga mengajak untuk berkomitmen menjadikan hasil dari kegiatan ini sebagai panduan dan dasar untuk melangkah maju dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu Kepala Sekolah SMK Citra Edukasi Bangsa, Indra Gani mengatakan, kami sudah banyak bekerjasama dengan instansi TNI, Polri dan beberapa perusahaan.

“Kami membuka kerjasama dengan semua instansi kedinasaan baik negeri dan swasta dalam bentuk kerjasama praktek industri,”ungkapnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian PWNU DKI Jakarta Jamaluddin mengatakan sebagai Ketua LPP NU saya sangat bangga hadir di tempat ini dan kerjasama dengan SMK Citra Edukasi Bangsa dalam rangka penanaman 100 pohon disekitar wilayah SMK Citra Edukasi Bangsa.

” Program-program PWNU DKI Jakarta hadir melalui LPP NU Yang memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui program penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup di jakarta Utara, kita juga bekerja sama dengan Dinas KPKP DKI Jakarta sudah berjalan,”ungkapnya.

Dilanjutkan Jamaluddin, ada berapa simpul-simpul yang memang kita jadikan contoh di wilayah Jakarta Utara, Selatan, Timur, Pusat dan Jakarta Barat yang telah kita berikan bibit-bibit tanaman dan juga LPP NU juga fokus pada pasantren di jakarta seperti Pasantren Darurrahman di Jakarta Selatan, serta sekolah-sekolah diantaranya SMK Citra Edukasi Bangsa, MAN 10 dan lainnya, lanjutnya

” Sedangkan bibit-bibit ikan kita berikan bantuan kepada anggota kita yang tersebar di lima wilayah, kita juga melakukan kerja sama denga instansi pemerintah dengan bantuan pohon, dan kita tanamkan dengan sebuah gerakan Jakarta menanam, itu dikarenakan cuaca yang cukup panas dan tingkat polusi udara yang cukup tinggi, dengan gerakan menanam itulah dapat mengurangi tingkat polusi dan dapat menciptakan udara yang segar,” ujar Jamaluddin

Sementara itu Wakil Ketua PWNU DKI Jakarta KH. Lutfhi Hakim mengatakan mengingat Jakarta salah salah kota dengan udara yang kotor, maka penghijauan sangat diperlukan dan juga memerlukan makanan dan sayuran yang sehat , untuk itu masyarakat perlu didorong untuk melakukan kegiatan menanam di sekitar rumahnya melalui hidroponik, yang nantinya bisa dikonsumsi sendiri dan juga dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat, kata KH. Lutfhi Hakim

” Mudah-mudahan kegiatan ini dapat ditumbuh kembangkan agar masyarakat tahu bahwa NU tidak hanya mengurusi keagamaan, tapi juga ada banyak lembaga seperti Lembaga pertanian, Lembaga peternakan, UMKM, yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan tingkat kesejahteraan masyarakat,”ujar KH. Lutfhi Hakim.(JHON )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan