Kupas Tuntas Pencegahan Stunting dan PTM, Wenny Haryanto Bareng Kemenkes Gelar Sosialisasi Germas

Kota Bekasi, MPN

Melalui kegiatan kemitraan bersama Kementerian Kesehatan RI, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar menggelarSosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Senin (7/8). Sosialisasi bertajuk Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) ini diikuti sekitar 500 peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

Dua materi yang dikupas secara tuntas dalam sosialisasi ini yakni upaya penurunan Stunting dan cara pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM). Sementara nampak hadir beberapa narasumber, diantaranya dr Astuti, M.KKK selaku Ketua Tim Kerja Kesehtan Kelompok Rentan, Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lansia Kemenkes RI, Dewi Ratnasari dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dwi Wahyuningsih dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Selain menyampaikan pemaparan, para narasumber juga mengajak seluruh peserta untuk ikut senam kebugaran dan membiasakan memakan buah segar untuk menambah imun tubuh dan mencegah penyakit. Bahkan, Dra Hj Wenny Haryanto, SH juga terlihat begitu antusias saat ikut senam kebugaran yang dipandu oleh seorang instruktur dari Kemenkes.

Dalam sosialisasi ini, Dra. Hj. Wenny Haryanto, SH menyatakan selalu mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh para mitra Komisi IX. “Bentuk kegiatan tersebut salah satunya kegiatan Sosialisasi atau Komunikasi, Informasi dan Edukasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas yang diselenggarakan bersama untuk melaksanakan program-program kerja mitra dan Komisi IX seperti yang hari ini kita laksanakan, yang terselenggara berkat kerjasama antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan Komisi IX DPR RI,” ulasnya.

Menurut Wenny, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman dan tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya. “PTM ini pada awalnya tidak bergejala, sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya dan hanya memeriksakan diri ketika telah terjadi komplikasi PTM,” tegas Wenny yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI meliputi wilayah Kota Depok dan Kota Bekasi.

Wenny lalu memaparkan beberapa contoh jenis penyakit yang termasuk dalam PTM ini, diantaranya adalah Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Kanker, Diabetes Melitus. “PTM terjadi karena berbagai faktor, seperti kebiasaan merokok, diet atau pola makan dan hidup yang tidak sehat, minim aktivitas fisik, konsumsi minuman beralkohol, tingkat stress yang tinggi Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga dapat menjadi pemicu penyakit tidak menular, PTM ini merupakan penyakit katastropik yang menyebabkan kematian yang cukup tinggi di Indonesia,” paparnya.

Secara umum, lanjut Wenny, tujuan Germas adalah menjalani hidup yang lebih sehat. “Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah terciptanya kebahagiaan diri dan lingkungan yang bersih serta sehat, sehingga menyebabkan berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” ungkapnya.

Keberhasilan program Germas, kata Wenny, bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerintah atau Kementerian Kesehatan saja, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita semua. “Oleh karena itu penting bagi setiap orang untuk dapat menerapkan kegiatan-kegiatan yang akan mendukung keberhasilan Germas dimana pun kita berada, mulai dari Iingkungan rumah, lingkungan masyarakat sekitar, lingkungan sekolah/perguruan tinggi, di tempat kerja, di kendaraan, di jalan dan dimanapun kita berada,” ujarnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan