Deklarasi Pemilu Asyik: Seruan Agar Semua Warga Bisa Mendapatkan Literasi Pemilu, Berpartisipasi Aktif, dan Menggunakan Hak Pilih Tanpa Halangan

Deklarasi Pemilu Asyik: Seruan Agar Semua Warga Bisa Mendapatkan Literasi Pemilu, Berpartisipasi Aktif, dan Menggunakan Hak Pilih Tanpa Halangan

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 12 Agustus 2023 — Sehubungan Pemilu Serentak 2024, Ayo Nyoblos kembali digelar dalam serangkaian program/kegiatan terkait literasi pemilu, di antaranya sosialisasi, pelatihan/ToT (Train of Trainers), serial klip Ayo Nyoblos, serial meme Ayo Nyoblos di media sosial, kartu permainan, pin Ayo Nyoblos, serta Panduan Asyik (cetak dan digital).

“Ayo Nyoblos adalah program dari Gerakan Kebangsaan Indonesia (GKI): satu badan pelayanan Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Barat yang menggelar berbagai program/kegiatan bertema kebangsaan dengan semangat inklusif, toleransi, dan kebhinnekaan,” ujar Ketua Umum GKI Sinode Wilayah Jawa Barat Pdt. Sheph Davidy Jonazh.

Sebagai pembuka rangkaian kegiatan Ayo Nyoblos, pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023, dilakukan Deklarasi Pemilu Asyik bersama mitra-mitra kebangsaan GKI, seperti: Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Rumah Kepemimpinan, Jemaah Ahmadiyah Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Majelis Buddhayana Indonesia, Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Komunitas Baha’i, Komunitas Sikh, Katedral (Katolik), Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, dan lembaga pendidikan yang memiliki akses ke pemilih pemula (BPK PENABUR, Universitas Maranatha, dan Universitas Krida Wacana/Ukrida).

Deklarasi Pemilu Asyik yang dihadiri Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty dan Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata ini, bertempat di Kantor GKI Sinode Wilayah Jawa Barat: Jl. Tanjung Duren Raya 4, Gedung UKRIDA Blok E Lantai 4, Jakarta Barat 11470.

Pemilu adalah pesta demokrasi. Laiknya pesta, pemilu pada dasamya menyenangkan, gempita, dan dinantikan dengan sukacita: bukan menakutkan, teror, hoaks, apalagi menimbulkan perpecahan. Itu sebabnya, Gerakan Ayo Nyoblos 2024 mengusung tema “Pemilu Asyik”. Menurut Lina Tjindra selaku Ketua Ayo Nyoblos 2024: “Ayo Nyoblos adalah gerakan literasi pemilu dengan semangat netral-objektif-inklusif guna membantu jemaat atau warga dalam menggunakan hak pilihnya tanpa terkendala ketidaktahuan.”

Pada hari yang sama, digelar Pelatihan Ayo Nyoblos bagi 50 utusan gereja, klasis, dan lembaga mitra Gerakan Kebangsaan Indonesia GKI -dari area Jakarta, Bogor, Tangerang, hingga Sukabumi dan Banten. Pelatihan perdana ini berkolaborasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memberikan materi pelatihan. Para peserta diharapkan dapat menjadi inisiator Gerakan Ayo Nyoblos (literasi pemilu) dan Ayo Pantau (literasi pengawasan/ pemantauan pemilu) di gereja/klasis dan lembaga/komunitas asalnya.

DEKLARASI PEMILU ASYIK, PEMILU BAGI SEMUA

Kami, lembaga serta komunitas keagamaan, kepercayaan, pendidikan, dan masyarakat sipil, mengajak seluruh Warga Negara Indonesia untuk:

1. Menyambut Pemilu 2024 sebagai Pesta Demokrasi dengan semangat dan penuh kegembiraan.

2. Berpartisipasi aktif mendukung KPU dan Bawaslu mewujudkan Pemilu 2024 menjadi pemilu yang asyik, damai dan berkualitas yang berlangsung LUBER dan JURDIL.

3. Menolak politik uang, berita kebohongan atau hoaks, ujaran kebencian, dan politik identitas yang tidak sesuai dengan semangat kebangsaan.

Kami juga mendorong semua pihak berwenang untuk mendukung setiap warga agar dapat menggunakan hak pilihnya tanpa halangan dan tanpa melihat agama, kepercayaan, suku, warna kulit, dan pilihan politiknya.

Kantor GKI Sinode Wilayah Jawa Barat, Jakarta, 12 Agustus 2023

Tentang Gerakan Kebangsaan Indonesia

Gerakan Kebangsaan Indonesia adalah badan pelayanan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sinode Wilayah Jawa Barat di bidang kebangsaan. Sesuai dengan tugas pelayanannya untuk membangun semangat kebangsaan, Gerakan Kebangsaan Indonesia mengadakan kegiatan lintas iman yang bersifat inklusif, toleransi, dan bhinneka.

Sepanjang tahun 2023 ini, Gerakan Kebangsaan Indonesia GKI memfokuskan kinerjanya ke Gerakan Ayo Nyoblos yang mengangkat pentingnya peran aktif umat dalam pesta demokrasi sebagai wujud tanggung jawab warga negara dalam berbangsa dan bernegara. Ayo Nyoblos — yang diinisiasi dari program Kebangsaan GKI Klasis Jakarta Selatan bertujuan meningkatkan partisipasi jemaat GKI pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya dalam menyukseskan Pemilu Serentak perdana tahun 2019. Apresiasi dari banyak pihak, mendorong GKI menggaungkan kembali Ayo Nyoblos 2024, kali ini dengan tema “Pemilu Asyik”.

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan