Terdampar Dua Hari Di Pantai Citepus 29 PMI Di Duga Korban Sindikat TPPO Antar Negara

SUKABUMI,MPI– Anggota Polres Sukabumi menggerebek salah satu rumah di wilayah Kecamatan Palabuhanratu yang diduga jadi tempat penampungan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Dari penggerebekan itu, polisi menemukan sebanyak 29 orang calon PMI ilegal yang diduga jadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

20 PMI di antara masih berada di Rumah singgah dan 9 PMI sudah meninggalkan penampungan.

Menurut pemilik rumah ,Agra (50) warga Palabuhanratu menyebutkan.
Bahwa dirinya hanya membantu ke-29 PMI yang terlantar sudah dua hari di Pantai Citepus Palabuhanratu.
“Kami awalnya merasa kasian kepada mereka yang kebingungan berada di Pantai Citepus.
Kami bawa ke rumah yang bisa menampung,”jelasnya.

Berdasarkan informasi, terungkapnya dugaan TPPO itu bermula dari informasi masyarakat. Mereka mencurigai adanya aktivitas janggal di lokasi tersebut.
Informasi itu lalu ditindaklanjuti Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Sukabumi berkoordinasi dengan instansi lainnya.

Mereka mendatangi lokasi serta melakukan penggerebekan. Di tempat itu tim gabungan menemukan sebanyak 29 orang calon PMI ilegal yang diduga hendak diberangkatkan bekerja ke Australia melalui Teluk Palabuhanratu.

Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menjelaskan, dari pengakuan ke-29 orang calon PMI ilegal itu, mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya dari Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Yogyakarta, Sumatra Utara, dan Sulawesi Tengah.

“Jadi mereka bukan hanya dari Kabupaten Sukabumi.
Di rumah itu mereka berkumpul karena merupakan tempat penampungan,” kata Maruly kepada wartawan saat konferensi pers pengungkapan kasus TPPO, Selasa,
(3 /10/2023).

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pendalaman, kata Maruly, rencananya para PMI ilegal itu akan diberangkatkan bekerja di Australia. Mereka akan ditempatkan di sebuah perkebunan buah.

“Sistem penggajiannya dihitung per jam,” tuturnya.

Reporter: Asep Mita
Kepala Biro:Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan