Kantor Kelurahan SemperBarat Mengadakan Evaluasi Stunting di Wilayah Semper Barat Jakarta

Utara Jakarta,- mediapatriot.co.id Stunting menjadi salah satu masalah yang mendapatkan perhatian khusus dari berbagai pihak. Dalam penanganannya, Jakarta Utara berhasil menekan angka stunting dengan menjadikan Kelurahan Semper Barat sebagai pilot project penanganan stunting.

Kecamatan Cilincing itu ada 7 kelurahan, dan Semper Barat ini salah satunya. Khusus untuk Semper Barat ini lah menjadi pilot project kaitannya dengan penanganan stunting. Dari data yang kami dapat, dari prevelensi stunting survei status gizi Indonesia Kementerian Kesehatan, DKI Jakarta untuk Jakarta Utara di tahun 2022 itu sebesar 20,4 persen. Dan itu mengalami penurunan di tahun 2023 menjadi 18,5 persen. Jadi ada penurunan, khusus untuk Jakarta Utara ya, ada penurunan kurang lebih 2,1 persen untuk penurunan stunting di Kota Jakarta Utara, ujar lurah Semper Barat kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Rosiwan dalam jumpa pers Jumat (6/10/2023).

Sebanyak 21 anak dari total 126 anak di Kelurahan Semper Barat yang terindikasi stunting, kini dinyatakan tidak lagi stunting. Hal tersebut berdasarkan pemeriksaan berat badan dan tinggi badan yang telah memenuhi standar.

Dalam menangani masalah stunting, Rosiwan menyebut pihaknya turut berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK dan Dasawisma setempat untuk mengajak para ibu lainnya untuk membawa anaknya ke posyandu. Selain posyandu, Kepala Puskesmas Semper Barat, drg. Lesti Harni mewakili tiga puskesmas yang ada di Kelurahan Semper Barat menyebut pihaknya membuat program Semper Barat Cegah Stunting Balita (Sebar Cinta) yang turut melibatkan Rumah Sakit Firdaus, Rumah Sakit islam Sukapura dan Rumah Sakit Umum Pekerja di Jakarta Utara

Mengenai cara kami dalam menurunkan angka stunting adalah kami melakukan inovasi dengan nama Sebar Cinta, Semper Barat Cegah Stunting Balita. Ini adalah suatu kegiatan di mana merupakan peran nyata bagaimana ketika semuanya bergerak, mulai dari Pemerintah, pengurus wilayah RT, RW, Kader, semua bergerak mengatasi stunting ini. Dan kami juga berkolaborasi dengan Rumah Sakit Firdaus dan lainnya melalui program ujar drg. Lesti Harni.

Sebelumnya, drg. Lesti menjelaskan bahwa stunting merupakan kondisi di mana seorang balita memiliki perawakan yang pendek atau sangat pendek, berdasarkan panjang badan atau tinggi badan menurut usia.(JHON )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan