TIGA TAMBANG GALIAN C ILLEGAL TERUNGKAP, POLRES ACEH TIMUR AMANKAN PELAKU DAN ALAT BERAT.

ACEH, MPI – Aktivitas pertambangan mineral dan batu bara (galian C) tanpa izin di wilayah hukum polres aceh timur diungkap oleh Jajaran sat-reskrim polres aceh timur.

Pengungkapan dua kasus dilakukan dalam waktu berdekatan, pada operasi ini petugas sukses meringkus sejumlah tersangka dan mengamankan barang-bukti kasus tersebut.
Dalam konferensi pers yang digelar pada hari senin 16/10/2023 kemarin sore di halaman polsek idi rayeuk, kapolres aceh timur membeberkan kronologi terkait pengungkapan tiga kasus galian C ilegal tersebut.

Diawali dari laporan polisi nomor: LP-A/01/I/2023/SPKT/polres aceh timur/polda aceh, tanggal 11 januari 2023, di mana pada hari sabtu tanggal 30 september 2023. Sekitar pukul.15.00.wib di wilayah hukum polres langsa anggota opsnal sat-reskrim polres aceh timur, berhasil mengamankan IB, (50) warga desa blang gleum kecamatan julok kabupaten aceh timur.

“IB merupakan DPO Satreskrim polres aceh timur, dari perkara yang sama. Dimana tiga tersangka yang lain sudah disidangkan di pengadilan negeri idi, IB ini berperan sebagai pelaku utama pada kegiatan galian C tanpa ijin di desa blang gleum kecamatan julok.” Ungkap kapolres

Lebih lanjut lagi, kapolres menyebutkan. Pada tanggal 4 september 2023. Di ungkap kasus yang sama di wilayah ranto peureulak dan berhasil diamankan dua pelaku yakni MN, ZA dan AB. Selanjutnya pada tanggal 19 september 2023, petugas kembali mengamankan aktivitas galian C ilegal di wilayah pantee bidari serta mengamankan dua pelaku diantaranya JA dan NA.

Dalam konferensi pers tersebut, sejumlah barang-bukti seperti. Dua unit alat berat excavator becho merk hitachi dan komatsu ditampilkan dihadapan kalangan awak media.

Kapolres yang didampingi plh kasat reskrim polres aceh timur, bersama kapolsek Idi rayeuk AKP Teuku Syahril, S.E dan kanit II sat-reskrim polres aceh timur Ipda Deva Reynaldi Wirsa, S.Tr.K, menegaskan terhadap para pelaku dipersangkakan pasal 158 undang-undang RI nomor 03 tahun 2020.

Atas perubahan undang-undang RI nomor 04 tahun 2009, tentang pertambangan nineral dan batu bara yang berbunyi. Bahwa orang yang melakukan penambangan tanpa izin dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak 100 milyar rupiah.

“Kami berharap kepada semua pemilik tambang galian C untuk segera melakukan pengurusan ijin, baik ijin eksplorasi dan juga ijin produksi. Dari tambang tersebut, sehingga bisa bermanfaat bagi negara dan masyarakat. Dari sisi pendapatan bukan pajak yang di manfaatkan untuk daerah tercinta ini,” imbau kapolres.

Pihaknya juga meminta kepada pemkab aceh timur untuk dapat memberikan kemudahan dalam mengurus izin tambang galian C, karena proses pengurusan ijin tersebut. Meski pun dikeluarkan oleh pihak kementerian sesuai dengan aturan terbaru namun tetap berproses dari tingkat daerah, menurutnya. Selama ini banyak aduan dari masyarakat melalui media sosial, oleh karena itu kami mengimbau warga untuk melaporkan jika ada kegiatan tambang galian C ilegal alias tidak berizin dan kami pastikan akan menindak tegas aktivitas galian C illegal.

“Saat ini, kami tengah melakukan penyelidikan dan sedang diminta keterangan dari berbagai pihak terkait. Karena bagi kami prinsipnya, apa bila bertabrakan dengan aturan hukum sesuai dengan aduan masyarakat akan kami tindak lanjuti.” Tegasnya

Dikatakan, selaku penegak hukum polisi bukan melakukan pembiaran terhadap aktivitas galian C ilegal yang ada. Namun perlu tahapan yang harus dilalui sebelum akhirnya dilakukan penindakan, terang kapolres aceh timur.

(Pasukan Ghoib Kaperwil Aceh/Team)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan