Liku liku Anak Sekolah Menengah Ciptakan Solusi LoT Canggih di SIC

Jakarta, 3 November 2023
Program pendidikan Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4 2022/2023 tiba di babak kulminasi.Sebanyak 5 team dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dan Madrasah Aliyah ( MA) dari berbagai daerah di Indonesia berhasil masuk ke babak Final.

Dari lima team yang masuk ke babak final, 3 diantaranya terpilih menjadi pemenang dalam program SIC tahun ini. Pemenang pertama team eaterstelars dari SMKN 7 Semarang dengan solusi Smart PLTS, Yaitu sistem yang dapat men- switch sumber arus rumah dari PLTS Dan PLN.Pemenang kedua adalah team NEXUS4G Dari MAN 4 Pekanbaru dengan solusi Nextoilet for safety bath yaitu Smart bathroom yang aman untuk lansia. Adapun pemenang ke 3 adalah team massive 5 dari SMK 1 CIMAHI dengan solusi Smart Sort Trash, tempat sampah pintar yang dapat memilah sampah sesuai dengan jenisnya.Adapun untuk kategori People Choice Award, jatuh kepada Tim Anggrek dari SMKN 1 GEGER MADIUN.Dengan solusi pendeteksi suhu dan kelembaban ruangan.

Untuk sampai ke babak final, ternyata cukup banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para finalis.Mulai dari kesulitan membagi waktu, kurang tidur, peralatan yang terbatas atau tidak berfungsi dengan baik, perbedaan pendapat yang menimbulkan perbedaan pendapat yang menimbulkan perdebatan, kelelahan, sampai ada yang ditipu oleh pedagang di market place saat membeli peralatan.

Akan tetapi, berbagai tantangan yang timbul tidak membuat anak anak muda itu menyerah begitu saja.Para finalis berhasil membagi waktu sebaik mungkin , terutama pada team yang anggota nya berasal dari kelas yang berbeda.Ada juga team yang diberikan dispensasi dari sekolah untuk fokus pada kegiatan SIC.Komunikasi yang terbuka dan mendengarkan satu sama lain membuat peserta juga bisa mengatasi kendala perbedaan pendapat dan perdebatan.Adapun pada fase design thinking dan mentoring para peserta dapat mengatasi tantangan dalam mengatasi LoT dan berhasil mengembangkan produk yang innovative.

” Perjalanan kami hingga titik ini jelas tidak mudah .Banyak sekali tantangannya mulai dari bagi waktu antara kegiatan belajar dan kegiatan SIC, menemukan waktu yang dapat membuat bersama,berbeda pendapat kadang hingga berdebat, kesulitan kumpulkan bahan sampai jadi prototipe.Bersyukur karena dapat lewati bersama hingga menjadi Team Solid, pastinya tidak lepas dari bimbingan guru mentor dan juri.Kami sangat bangga dapat memenangkan kejuaraan di SIC.Harapan dan Ide serta solusi kami bermanfaat untuk orang banyak.Semoga SIC selalu ada untuk membantu para pemuda, berinovasi dan berkarier untuk masa depan yang jauh lebih baik dan cemerlang, ” kata team EAterstelar.

Ennita Pramono, Head of Korporat Citizenship Samsung Elektronik s Indonesia, mengatakan Samsung Indonesia teknologi dan innovasi memainkan peran yang sangat penting demi masa depan yang lebih baik.
” Kami sangat optimistis melihat pencapaian para peserta SIC tahun ini. Di samping antusiasme yang tinggi dan terus meningkat, ide ide solusi yang mereka rancang menunjukan kepekaan mereka terhadap berbagai permasalahan pendidikan, smart building, lingkungan maupun pemberdayaan UMKM di sekitar mereka. Bekal yang mereka dapat di SIC Batch 4 th 2022/2023 akan sangat bermanfaat untuk mencapai permasalahan pendidikan , dan juga karier yang lebih baik di masa depan,” kata Ennita.
Tahun ini merupakan tahun ke empat diselenggarakannya SIC. SIC Merupakan Kontribusi nyata Samsung dalam memberikan akses Pendidikan TIK Kepada anak anak muda Indonesia, khususnya siswa SMK Dan Madrasah Aliyah, yang ingin mendapatkan ketrampilan yang mereka butuhkan untuk masa depan lebih baik.

Setelah melalui product mentoring di bawah bimbingan mentor profesional yang sudah berpengalaman di bidang nya workshop dan coaching, para peserta mendapatkan bimbingan pembekalan untuk mendapatkan ide solusi dan teknologi LoT yang bermanfaat merintis karir sebagai IOT product developer no SIC mengambil tema Education, Smart Building dan juga Green Issue, dan SMB Empowerment. Dari assessment yang dilakukan oleh Samsung dan Partnernya, ke empat tema ini memiliki peluang yang besar dalam pengembangan berbagai project.

SIC BATCH 4 2022/2023 telah mencatatkan sejumlah pencapaian yang luar biasa dibandingkan dengan batch batch sebelumnya. Seperti total pendaftaran yang naik 4 kali lipat dari 1000 peserta pada Batch 3 menjadi 4390 peserta dari 254 MA DAN SMK Pada Batch 4. Peserta Lot Bootcamp pada tahun ini juga melonjak, dari 100 peserta dari Batch 3 menjadi 500 peserta pada Batch 4.

” Pemenang pada Batch 4 ini sudah melebihi ekspektasi saya.Anak SMK sudah mampu berpikir menciptakan alat alat seperti ini( SMART PLTS) Saya benar benar salut ! Mereka bisa seperti itu karena Samsung memberikan wadah.Disini Samsung tidak hanya memikirkan bisnis tetapi juga memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa,” ujar Muhammad Ali Ramdani,Direktur Jendral Pendidikan Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

Agus Wibowo, Ketua team Program Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dan Industri Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Tekhnologi Republik Indonesia mengatakan”Keselarasan Dunia Industri terbukti dapat memotivasi peserta didik dalam berinovasi dan bersiap memasuki dunia kerja. Samsung Innovation Batch 4 adalah juga merupakan pembuktian bagaimana industri dan pendidikan memiliki kaitan erat dalam erat peningkatan kompetensi SDM khususnya Digital Skill, kompetensi yang dibuat Samsung adalah contoh yang ideal.”

Samsung Inovasi Campus yang mewujudkan komitment dan kontribusi Samsung dalam pengembangan dan Literasi dan pendidikan di Indonesia. Melalui SIC anak anak Indonesia dibekali pengetahuan teknologi terkini yang akan menjadi bekal mereka meraih masa depan yang jauh lebih baik dan cemerlang dan membangun Indonesia lebih maju.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan