DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PEMBUKAAN RAKOR RENAKU II DAN APEL KOMANDAN SATUAN TNI AL TAHUN 2023

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PEMBUKAAN RAKOR RENAKU II DAN APEL KOMANDAN SATUAN TNI AL TAHUN 2023

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PEMBUKAAN RAKOR RENAKU II DAN APEL KOMANDAN SATUAN TNI AL TAHUN 2023

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri acara pembukaan Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) II dan Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Laut tahun 2023 yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. bertempat di kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2023).

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Journal of International Studies dalam salah satu artikelnya menyebutkan telah terjadi transformasi arsitektur geopolitik pertahanan, keamanan kawasan Asia Pasifik termasuk di dalamnya kawasan Asia Tenggara. Kajian tersebut juga menyebutkan, lima dari lima belas negara dengan anggaran pertahanan teratas dunia adalah negara-negara di kawasan asia dan sekitarnya. Peningkatan anggaran pertahanan tersebut menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya perlombaan pengembangan senjata perang (arms race) di kawasan Asia Pasifik. Beberapa pakar telah menyebutkan adanya potensi terjadinya tumpahan (spill over) konflik Taiwan yang akan berdampak hingga wilayah perairan Indonesia. Di samping itu, adanya potensi konflik Laut Natuna Utara, gerakan separatis di Papua dan pelaksanaan pesta demokrasi juga menjadi fokus perhatian dari aspek perkembangan lingkungan strategis nasional saat ini”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Tentunya dengan pertimbangan situasi regional dan nasional tersebut, TNI Angkatan Laut dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya, menyiapkan dan mengerahkan seluruh kemampuan dan sumber daya yang ada untuk mengantisipasi dampak-dampak yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan pembangunan nasional sesuai dengan prioritas pemerintah. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar Rakor Renaku II dan Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Laut tahun 2023. Rakor Renaku II merupakan kelanjutan dari Rakor Renaku I yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Rencana kerja TNI Angkatan Laut TA 2024 diarahkan untuk mendukung program prioritas yang telah ditetapkan dalam rencana kerja pemerintah tahun 2024 dengan tema “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, yang difokuskan untuk memperkuat ketahanan ekonomi, meningkatkan daya saing sumber daya manusia, percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan menyukseskan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangkoarmada I menegaskan “Setelah pelaksanaan Rakor Renaku II akan dilanjutkan dengan Apel Komandan Satuan TNI Angkatan Laut yang memiliki tujuan strategis dengan mengusung tema “Bersinergi Mewujudkan TNI Angkatan Laut yang Profesional, Modern dan Tangguh untuk Indonesia Maju”. Forum AKS TNI Angkatan Laut ini berfungsi sebagai media untuk memberikan pembekalan dan pencerahan eselon pimpinan, sekaligus menerima masukan dari komando pelaksana satuan bawah tentang kendala dan permasalahan strategis yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas operasional di lapangan. Saya berharap hasil diskusi yang kita dapatkan dalam forum AKS TNI Angkatan Laut, bisa menjadi masukan berharga dalam penyusunan dokumen kebijakan strategis dan perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut di masa yang akan datang”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan



Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


SIAPAKAH CALEG DPR-RI / DPRD KABUPATEN / KOTA SE INDONESIA YANG TAMPIL HARI INI ?

Posting Terkait

Jangan Lewatkan