PATUT DIDUGA Adanya Permainan Proyek Peningkatan PS3R Rawa Badak Utara Jakarta Utara

Jakarta,- mediapatriot.co.id Tujuan Peningkatan TPS menjadi TPS3R adalah terbangunnya bangunan TPS3R yang sesuai dengan perencanaan dan memenuhi standart pengelolaan sampah guna meningkatkan mutu dan kwalitas terhadap pelayanan masyarakat di kecamatan Koja . Kegiatan ini direncanakan untuk dapat mengoptimalkan kinerja operasional pengeloaan sampah di kecamatan Koja
Hanya saja, kondisi fisik pekerjaannya dilapangan, diperkirakan untuk pembangunan peningkatan tempat pembuangan sampah (TPS) menjadi tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Tahun Anggaran 2023 di Rawa Badak Utara Kecamatan Koja Jakarta Utara, diperkirakan, baru mencapai 50% dari jadwal yang telah ditetapkan dalam kontrak dan terancam molor.

Pasalnya, hingga saat ini proses pengerjaan fisik dilapangan terkesan berjalan lamban, diperkirakan fisik pekerjaan baru sekitar 40 s/d -50% persen.

Kontrak berakhir pada tanggal 15 Desember 2023 mendatang. Terhitung hingga sekarang. Senin, (15 Desember 2023), berarti tinggal sepuluh (10) hari lagi. Pekerjaan tersebut harus sudah selesai untuk selanjutnya digunakan sebagaimana mestinya.

Diketahui, kontrak 017/PN.01.02/PPK.DF/X/2023, tanggal kontrak 16 Desember 2023 dengan waktu pelaksanaan 60 (Enam puluh) hari kalender. Nilai kontrak Rp.3.834.794.000.00. Selaku pelaksana PT.Galaxy Intranusa, Konsultan Pengawas PT.Istana Kreasi Indah Cipta.

Pantauan dilapangan, tampak sejumlah pekerja dilokasi kegiatan proyek, penggunaan alat pelindung kerja (APK),seperti: 1).tali keselamatan (Life Line), 2). Alat pelindung Diri (APD), antara lain:Topi Pelindung (safety Helmet),Pelindung mata (goggles,Spectacles), Tameng muka (face shield), Pelindung pernapasan dan mulut ( masker), Sarung Tangan (Safety gloves), Sepatu keselamatan ( safety shoes, untuk staf sepatu keselamatan (safety vest), diduga tidak maksimal.
Bahkan dari beberapa item kegiatan pekerjaan disinyalir tidak sesuai dengan spesifikasi teknik pekerjaan konstruksi meliputi sesuai dengan rencana kerja dan syarat-syarat (RKS). Dan bahkan beberapa item lainnya disinyalir dugaan pengurangan volume dan terindikasi terjadi kerugian negara.
Sekjen LSM- Gerakan Cinta Indonesia, Hisar Sihotang mengatakan, jadwal proses tender pembangunan Peningkatan TPS menjadi TPS3R Tahun Anggaran 2023. Diduga dipaksakan dan mengabaikan instruksi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 129 Tahun 2022 tentang Pengumuman Rencana Umum Pengadaan dan Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Tahun Anggaran 2023.
Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Edy Mulyanto, selaku Kuasa Pengguna Anggaran/ Pejabat Pembuat Komitmen dan juga sebagai Penanda tangan pakta integritas, saat dihubungi melalui Aplikasi WhatsAppnya, yang bersangkutan tidak memberikan respon, Senin ⁷(4/12/2023).

Hingga berita ini diturunkan, Penanggung Jawab PT.Galaxy Intranusa, selaku pelaksana kegiatan Pembangunan Peningkatan (TPS) menjadi TPS3R Tahun Anggaran 2023, dilapangan belum terkonfirmasi. (JHON/Tim )

Posting Terkait

Jangan Lewatkan