Koramil Cicalengka Kodim 0624/Kab Bandung Bersihkan TPS Liar Pencemar Sungai Cibodas.

Kab Bandung, MPN.

Koramil 2402/Cicalengka menerjunkan anggotanya yang dibantu masyarakat membersihkan tumpukan sampah liar yang berpotensi mencemari sungai Cibodas Kampung Pangbarakan Desa Babakan Peuteuy Kecamatan Cicalengka, Rabu (6/12).

Sebanyak 25 karung sampah rumah tangga berhasil diangkat dari TPS liar dan permukaan sungai Cibodas.

Disampaikan Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto melalui Danramil 2402/Cicalengka Kapten Inf Purwanto, sampah di pinggir sungai Cibodas berpotensi jadi penyebab banjir.

” Sampah yang bertumpuk apabila dibiarkan akan masuk sungai Cibodas dan menyebabkan penyumbatan yang mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga,” ujar Kapten Inf Purwanto.

Ditambahkan Danramil, anggota dan masyarakat membersihkan sampah tersebut dengan peralatan seadanya tapi dengan semangat bersih lingkungan semua menjadi tuntas.

” Setelah sampah dipinggir sungai selesai dibersihkan, anggota dan warga turun ke sungai untuk membersihkan permukaannya, karena banyak sekali sampah yang sudah menutupi sungai harus dibersihkan,” ungkap Kapten Inf Purwanto.

Danramil berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena resikonya sangat tinggi dan merugikan masyarakat banyak.

” Harus dilakukan edukasi tentang pengolahan sampah, jangan sampah warga tidak merasa bersalah ketika mereka mencemari lingkungan, apalagi sungai menjadi salah satu sumber kehidupan,” pungkas Danramil 2402/Cicalengka.

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan