PEKARANGAN PANGAN LESTARI SOLUSI KEBUTUHAN GIZI MASYARAKAT ACEH TIMUR

ACEH, MPI – Untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat, pemerintah Kabupaten aceh timur mengajak masyarakat untuk memanfaatkan P3L (pemanfaatan perkarangan pangan lestari).

Sementara itu, Dr. Darmawan Ali asisten pembangunan dan perekonomian set-da-kab aceh timur, dalam sambutanya mengatakan bahwa. Pemanfaatan perkarangan pangan lestari (P3L) ini, adalah program yang dicetus oleh pj bupati aceh timur.

“Program ini diperkuat dengan keluarnya Perbub nomor 13 tahun 2023, program ini sejalan dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan,” sebut Darmawan.

Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 60 bahwa, pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban mewujudkan perkarangan konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif,” terang darmawan.

Ada pun tujuan dan sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah, pertama, memberikan acuan teknis kegiatan ditingkat Kabupaten, Kecamatan dan tingkat gampong.

Kedua, meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi berbagai pihak dalam pengelolaan kegiatan pemanfaatan perkarangan pangan lestari.

“Ke tiga, meningkatkan akses pangan dan produksi pangan untuk peningkatan kosumsi pangan dan gizi keluarga serta dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga,” jelas darmawan.

Sementara indikator keberhasilan penerapan pemanfaatan perkarangan lestari yaitu, pertama, indikator out-put adalah jumlah pemanfaatan (P3L) yang akan dikembangkan dalam kabupaten aceh timur.

Kemudian, indikator outcome adalah termanfaatkannya lahan perkarangan rumah tangga dalam kabupaten aceh timur.

Selanjutnya, indikator manfaat adalah meningkatkannya frekuensi konsumsi sayur-sayuran dan protein hewani di kabupaten aceh timur,” ungkap darmawan.

“Kegiatan pemanfaatan perkarangan pangan lestari, dilakukan melalui upaya pemberdayaan masyarakat keluarga kurang mampu,” kata Darmawan.

Maka, kegiatan ini dapat dilakukan pada perkarangan lingkungan rumah, agar terbentuk suatu kawasan yang kaya sumber pangan yang diproduksi sendiri,” demikian ucap darmawan.

(Pasukan Ghoib Kaperwil Aceh/Team)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan