Jajaran Polres Mesuji Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Krakatau 2023

Polres Mesuji – MEDIAPATRIOT .CO. ID -Jajaran Polres Mesuji Polda Lampung bersama Stakeholder terkait melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Krakatau 2023”, dalam rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Kamis (21/12/23) bertempat di Lapangan Apel Mapolres setempat

Apel dipimpin oleh Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto S.H, S.IK, CPHR dengan dihadiri Dandim 0426/TB yang di wakili Danramil Simpang Pematang Mayor Inf. Sutoto, Kajari Mesuji Azy Tyawardana S.H, M.H, Asisten II Agus Jasa Raharja Kabupaten Mesuji Akas, Asisten III Agus Haryanto, Para PJU dan para Perwira Polres Mesuji, Wakasat Pol PP Kab. Mesuji Ahmad Rofi’i, Sekretaris BPBD Kab. Mesuji Hendra Cipta, Ketua Senkom Kabupaten Mesuji Ma’ruf, dan Ketua Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Mesuji Juan Situmeang.

Pada Giat tersebut Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto S.H, S.IK, CPHR menyampaikan Amanat Kapolri bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan Personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan Aman, Nyaman dan Lancar, sebagaimana penekan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “Natal dan tahun baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utaman yang berkaitan dengan Transportasi, Pasokan dan Distribusi Bahan Pokok.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan Masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 Juta Orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 Juta Orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa
Kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih
tinggi. Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung
TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar
Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12
hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024.

Operasi ini melibatkan 129.923 Personel yang terdiri dari TNI-Polri serta Stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 Pos Pengamanan, 670 Pos Pelayanan, dan 113 Pos Terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 Objek pengamanan.

Selanjutnya pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan Ibadah Natal berlangsung dengan Aman dan Khidmat, pastikan setiap lokasi Ibadah sudah disterilisasi dan libatkan Ormas-Ormas Keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan Ibadah Masyarakat.

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu,
kedepankan deteksi dini dan
Preventif Strike untuk mencegah Pelaku teror melancarkan aksinya, serta
lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah
agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam
pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun.

Selain itu, lakukan Pengaturan Lalu Lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara Humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Kemudian guna mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan
patroli rutin pada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan
kejahatan serta pemukiman. Sosialisasikan kepada masyarakat yang
akan bepergian dalam waktu lama agar melapor kepada petugas
setempat dan sediakan layanan penitipan kendaraan pada kantor-kantor
kepolisian.

Terkait bencana alam, siapkan Tim tanggap bencana, rehabilitasi dan
sarpras pendukung pada jalur rawan longsor, pelabuhan serta lokasi
wisata alam. Tingkatkan juga edukasi kepada Masyarakat dan koordinasi dengan BMKG untuk melakukan sosialisasi informasi cuaca, sehingga kita mampu memberikan quick response guna memitigasi dampak bencana.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah lakukan monitoring
ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga Bapokting. Himbau pelaku usaha
agar tidak melakukan penimbunan stok. Apabila diperlukan, lakukan
gakkum secara prosedural, namun jangan sampai mengganggu distribusi
dan ketersediaan pangan di lapangan.

Begitu juga dengan BBM, lakukan
monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada
pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik.

Kepada seluruh Personel saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggan dan niatkan setiap pelaksanaan sebagai ladang ibadah.

Terkahir saya ucapkan “Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024” semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Tutupnya. (wyn)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan