Tradisi Masyarakat Ciketingudik, Serunya Becek-Becekan di Empang Sambut Tahun Baru

Kota Bekasi, MPN

Beragam kegiatan digelar Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, menjelang pergantian tahun 2023. Hal ini sebagai upaya menyajikan hiburan untuk masyarakat dalam merayakan Tahun Baru 2024.

Salah satu kegiatan yang digelar adalah ‘Ngubek Empang’ yang dilaksanakan Minggu (31/12) sore. Meski dengan lokasi yang becek bahkan berlumpur, ribuan warga tetap antusias berebut menangkap ikan di empang buatan yang ada di sekitar kawasan Stadion Mini Ciketingudik.

Keseruan terlihat ketika seluruh warga menceburkan diri ke dalam empang untuk menangkap ikan tanpa menggunakan alat apa pun. Tak jarang, terlihat juga beberapa warga terpeleset ketika hendak naik ke daratan untuk mengumpulkan ikan yang sudah ditangkap.

Acara Ngubek Ikan ini dibuka langsung Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin bersama Lurah Ciketingudik Usep Sudharma Wijaya yang ikut berbaur dengan masyarakat. Kegiatan semakin semarak dengan adanya panggung hiburan musik yang disiapkan pihak panitia.

Dalam kegiatan ini, LPM Ciketingudik menebar satu ton ikan yang terdiri dari ikan mas dan bawal. Ngubek Empang ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat dan ikan yang sudah ditangkap bisa dibawa pulang secara gratis.

Saat diajak berbincang, Salim Samsudin menjelaskan Ngubek Empang ini merupakan tradisi masyarakat Ciketingudik yang digelar secara rutin setiap menyambut perayaan Tahun Baru. “Kami dari lembaga bersama pihak Kantor Kelurahan Ciketingudik ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bergembira bersama merayakan Tahun Baru, kami tak ingin melihat ada warga yang bersedih saat perayaan pergantian tahun,” ungkap Salim.

Selain itu Salim berharap dengan adanya kegiatan Ngubek Empang ini, warga tidak perlu pergi ke luar kota atau tempat wisata untuk merayakan Tahun Baru bersama keluarganya. “Ya perayaan Tahun Baru ini kan identik dengan bakar-bakar. Bakar jagung, bakar ikan, bakar ayam. Nah biar warga gak repot untuk belanja ikan, kami siapkan ikannya secara gratis,” papar Salim.

Ucapan terima kasih disampaikan Dayat (46), salah seorang warga yang ikut kegiatan Ngubek Empang. Senyum bahagia pun terpancar di wajahnya setelah berhasil mengumpulkan 6 ekor ikan yang ditangkapnya.

“Alhamdulillah, bisa juga bakar ikan malam ini sama keluarga. Gak perlu repot belanja ikannya lagi. Terima kasih Pak Salim dan Pak Lurah,” ungkap Dayat sambil tersenyum. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan