MANDI MANDI DAN RABO RABO Kampung Gereja Tugu, Jakarta Utara

Jakarta,- mediapatriot.co.id
Warga Masyarakat Kampung Gereja Tugu Jakarta Utara Saling mencoreng muka dengan bedak yang menandakan saling maaf memaafkan satu dengan yang lainnya
Setelah lebih dari 30 tahun, saya kembali menjejakkan kaki di Kampung Gereja Tugu, Jakarta Utara Dalam dunia arkeologi situs Tugu amat dikenal. Di kampung itu pernah ditemukan Prasasti Tugu, yang pernah saya tulis di sini. Uraian lainnya bisa lihat pula yang ini. Begitu kendaraan berhenti di depan lokasi, tampak Gereja Tugu seakan menunggu kedatangan kami. Bangunan kuno itu berasal dari pertengahan abad ke-17.

Kebetulan hari itu, Minggu, 7 Januari 2024 akan diselenggarakan acara tradisi tahunan Mandi-mandi. Acaranya berlangsung di rumah tua yang berada di RT11 RW 06 Semper Barat, tepatnya di rumah pa Samuel Talib selaku ketua RT11 RW06 sekitar sepuluh meter dari bangunan gereja. Karena acara masih lama, kami berkeliling dulu di seputar Gereja Tugu. Di halaman depan tampak beberapa makam para tokoh gereja.

Kami ditemani Pak Samuel Talib Beliau bercerita panjang lebar tentang kampung Tugu, Mardijker, Gereja Tugu, Portugis, dan lain-lain. Kami diajak masuk ke dalam rumah tua.
Komunitas
Mandi-Mandi dan Rabo Rabo rutin diselenggarakan oleh warga Kampung Tugu, yang umumnya peranakan Portugis setiap Minggu pertama bulan Januari. Salah satu kegiatan unik pada acara Mandi-Mandi adalah saling mencoreng wajah dengan bedak cair, sebagai simbol membersihkan diri dari segala kesalahan untuk memasuki tahun baru.

Sebelum acara puncak berlangsung, masyarakat dihibur oleh anak-anak, remaja, dan dewasa dengan tarian dan nyanyian. Setelah makan siang, barulah acara Mandi-Mandi dimulai.
Ada keakraban di antara masyarakat kampung Gereja Tugu yang umumnya beragama Protestan. Hampir setiap keluarga menyumbang makanan, untuk disantap bersama dengan para undangan.
Seusai makan siang, acara Mandi-Mandi dimulai. Bukan hanya warga sekitar yang saling coreng. Tamu-tamu yang hadir pun boleh saling mencoreng. Termasuk dari komunitas mandi mandi Kelompok Pemerhati Budaya dan Museum Indonesia Beberapa komunitas yang sering blusukan pun hadir pada acara itu.
Keroncong Tugu mengawali Mandi-mandi
Rabo-Rabo
Sebelumnya pada 7 Januari 2024 berlangsung acara Rabo-Rabo.  Tradisi tahun baru itu ditandai dengan menyalami, bahkan mencium pipi kanan dan kiri. Tradisi Rabo-Rabo sudah lama dilakukan. Dalam acara itu, setiap mampir ke rumah, ada yang ikut ke rumah lain sampai rumah terakhir.

Bukanlah Kampung Tugu namanya kalau tidak ada musik keroncong. Musik Keroncong Tugu sudah cukup populer. Tradisi Mandi-Mandi dan Rabo-Rabo selalu diiringi musik keroncong.

Saking uniknya Keroncong Tugu–karena  berbeda dengan musik keroncong pada umumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2016 lalu memberikan penghargaan sebagai warisan budaya tak benda. Maestro keroncong Tugu yang masih bertahan terdiri atas keluarga Quicko dan Michiels. Pemain keroncong Tugu umumnya berasal dari keturunan Mardijker.

Seni musik ini sampai ke Kampung Tugu sekitar abad ke-17. Disebut Keroncong Tugu karena hanya berkembang di Kampung Tugu. Dulu musik ini disebut Cafrinho Tugu. Kalau ada acara-acara khusus di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, keroncong Tugu hampir selalu hadir dalam kegiatan yang ditampilkan
(JHON )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan