DANLANTAMAL III JAKARTA MENGHADIRI ACARA DOA BERSAMA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2024

DANLANTAMAL III JAKARTA MENGHADIRI ACARA DOA BERSAMA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2024

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri acara doa bersama dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal III Jakarta bertempat di masjid Miftahul Jannah Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Jumat (12/01/2024).

Danlantamal III Jakarta setelah acara doa bersama mengatakan “Baru saja kita melaksanakan acara doa bersama dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2024 yang diikuti seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lantamal III Jakarta untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa peristiwa pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 antara pihak Indonesia dengan pihak Belanda yang menewaskan Komodor Yos Sudarso. Pertempuran Laut Aru adalah suatu pertempuran yang terjadi pada saat dua kapal jenis destroyer, pesawat jenis neptune dan firefly milik Belanda menyerang RI Matjan Tutul, RI Matjan Kumbang dan RI Harimau milik Indonesia. Komodor Yos Sudarso yang saat itu berada di RI Matjan Tutul gugur dalam pertempuran ini setelah menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal “Kobarkan Semangat Pertempuran” bersama tenggelamnya RI Matjan Tutul beserta seluruh awaknya”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Doa bersama ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2024 yang bertujuan untuk mendoakan arwah para pahlawan khususnya pahlawan samudera dalam membela kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang ditunjukkan oleh Komodor Yos Sudarso. Hal ini mengingatkan betapa heroiknya para pahlawan samudera dalam berjuang melepaskan diri dari cengkeraman penjajah dengan bermodalkan semangat membara para pejuang dengan gigih dan berani memertaruhkan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan