PANDA LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN SELEKSI TES PSIKOLOGI WAWANCARA CABA DAN CATA PK TNI AL GEL I TAHUN 2024

PANDA LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN SELEKSI TES PSIKOLOGI WAWANCARA CABA DAN CATA PK TNI AL GEL I TAHUN 2024

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta diwakili Ketua Tim Psikologi (Katim Psi) dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) Surabaya Kapten Laut (KH) Junaid Ridha Akbar, S.Psi., M.Psi., Psikolog. menggelar tes psikologi wawancara kepada para calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut gelombang I tahun 2024 bertempat di gedung serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl.Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (24/01/2024).

Dalam kesempatan terpisah Danlantamal III Jakarta mengatakan “Tes psikologi wawancara pada dasarnya adalah satu paket dengan materi tes tertulis yang diujikan dengan tujuan pendalaman untuk menggali potensi lebih dalam dari para calon berdasarkan hasil tes tertulis yang bersangkutan untuk mengungkap data secara lisan. Tes psikologi wawancara ini adalah untuk melihat secara langsung respon yang bersangkutan meliputi kemampuan berpikir, tingkat kecerdasan, sifat, karakter dan kepribadiannya sehingga bisa mendapatkan calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berkualitas, berdedikasi dan siap melaksanakan tugas dengan berbagai medan yang akan dihadapi”.

Danlantamal III Jakarta selanjutnya menjelaskan “Tes psikologi wawancara dilaksanakan dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk mengukur aspek-aspek psikologi seseorang yang berfungsi untuk mengenali watak dari seseorang, motivasi, minat, kepribadian, sikap, emosi dan kecerdasan. Tes psikologi wawancara bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat dan mendalam dari para calon prajurit TNI Angkatan Laut guna mengungkap kemampuan individu untuk mendapatkan calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berkualitas, berkepribadian kuat, cerdas dan memiliki loyalitas yang tinggi”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan