Pangdam III/Siliwangi Dampingi Kasad Membuka Perkemahan Saka Wira Kartika Di Buper Kiarapayung.

Sumedang, MPN.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. membuka secara resmi Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) Saka Wira Kartika di Buper Kiarapayung Kab. Sumedang Provinsi Jawa Barat, Sabtu (03/02).

Turut membuka Persami Ketua Umum Persit KCK Ny Uli Simanjuntak serta Ketua Persit KCK Daerah III/Siliwangi Ny Dwi Erwin Djatniko.

Pada kegiatan pembukaan Persami Saka Wira Kartika TA. 2024, Kodam III/Slw menjadi pilihan Kasad sebagai pusat pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di Buper Kiarapayung Kab. Sumedang.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika diikuti oleh kurang lebih 2.000 Pramuka dari Saka Wira Kartika, Saka Dirgantara, Saka Bahari, Saka Bayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bakti, Saka Pariwisata, Saka BP POM, Saka Widya Budaya Bakti, Saka Adayasta Pemilu, Saka Amal Bakti, Saka Pasundan, Saka SPN, Saka Ma’arif dan Saka Sekolah Islam Terpadu.

Kegiatan diawali dengan penyematan tanda peserta, penyerahan bibit pohon dan penyematan Tiska Siaga Tanggap Bencana kepada perwakilan peserta upacara oleh Kasad.

Pada amanatnya Kasad menyampaikan, Pramuka adalah organisasi yang penting untuk ditindak lanjuti dengan membekali para pemuda-pemudi bukan hanya terampil di lapangan tapi juga memiliki jiwa kesatria dan kebangsaan.

“Kedepan kegiatan Pramuka akan kita evaluasi khususnya Persami, agar dilaksanakan lebih aktif dan lebih efektif lagi dan betul-betul membekali para pemuda khususnya anggota pramuka dengan sebaik-baiknya,” ucap Kasad.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika mengambil tema “Bersatu dengan alam rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah”. Diharapkan pada setiap kegiatan Persami akan terus melaksanakan penanaman pohon.

“Kita sering mendengar berbagai bencana alam, padahal kita mempunyai kesempatan untuk mencegah bencana agar tidak semakin parah,” ujar Kasad.

Sementara itu kepada awak media Kasad menyampaikan kegiatan Persami akan lebih diefektifkan lagi tentang keterampilan Pramuka dan juga pembinaan untuk membangkitkan jiwa satria dan wawasan kebangsaan.

“Kita memulai program penanaman di Indonesia untuk memelihara alam dengan baik menghindari bencana banjir maupun longsor,” jelas Kasad.

Pada kesempatan tersebut Kasad memberangkatkan peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika untuk melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon dilanjutkan meninjau kegiatan pengobatan massal di lapangan utama Buper Kiarapayung.

Kegiatan penanaman bibit pohon dilaksanakan diseluruh Indonesia dengan bibit sebanyak 70 ribu pohon, untuk wilayah Sumedang penananam pohon sebanyak 7.320 pohon.

Usai penanaman Kasad dan rombongan melaksanakan pelepasan burung ke alam dilanjutkan dialog dengan para Pangdam jajaran TNI-AD secara virtual untuk melihat pelaksanaan kegiatan Persami Saka Wira Kartika di masing-masing Kodam.

Selain itu Kasad dan Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Sianjuntak juga memberikan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako kepada masyarakat sekitar Kiarapayung.

Turut hadir Irjenad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpusterad, Danpussenif, Wadanpuspomad, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, para Asisten Kasad, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Deputi 1 Sistem dan Strategi BNPB, PJ Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Kapusziad, Kapushubad, Kapusbekangad, Kapuskesad, Dirtopad, Kadisjasad, Kadispenad, Kasdam III/Slw, Danrem 061/SK, Danrem 062/TN, Danrem 063/SGJ, para Asisten Kasdam III/Slw, para PJU Polda Jabar, para Dansat/Kabalakdam III/Slw, Forkopimda Jabar, para Dandim jajaran Kodam III/Slw, Pj. Bupati Sumedang dan Forkopimda Kab. Sumedang.

(Pendam III/Siliwangi).


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar