DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PEMBUKAAN AUDIT KETAATAN DAN AUDIT KINERJA ITJEN TNI PERIODE II TA 2024 DI LANTAMAL III JAKARTA

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI PEMBUKAAN AUDIT KETAATAN DAN AUDIT KINERJA ITJEN TNI PERIODE II TA 2024 DI LANTAMAL III JAKARTA

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri pembukaan audit ketaatan dan audit kinerja Inspektorat Jenderal (Itjen) TNI periode II TA 2024 di Lantamal III Jakarta yang dibuka oleh Inspektur Latihan (Irlat) Itjen TNI Brigjen TNI Achmad Daeng Leo, S.H., M.H. selaku Pengendali Teknis mewakili Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han). selaku Penanggung Jawab bertempat di ruang rapat besar Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (13/05/2024).

Danlantamal III dalam sambutannya mengatakan “Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan audit ketaatan dan audit kinerja Itjen TNI periode II TA 2024 di Lantamal III Jakarta yang akan dilaksanakan selama dua hari dimulai tanggal 13 s.d. 14 Mei 2024 mengandung makna strategis yang sangat berguna bagi perkembangan TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal III Jakarta di masa mendatang. Kegiatan ini merupakan wahana untuk mempelajari berbagai kebijakan dan arahan yang telah digariskan pemimpin TNI serta akan dapat disampaikan berbagai masukan dan koreksi yang perlu diantisipasi secara dini oleh seluruh jajaran Lantamal III Jakarta. Saya berharap kunjungan Tim Audit Ketaatan dan Audit Kinerja Itjen TNI dapat membawa manfaat bagi kemajuan Lantamal III Jakarta di masa mendatang. Saya perintahkan kepada seluruh pejabat utama dan para Kasatker untuk menerima dan memberikan dukungan data kepada Tim Audit Ketaatan dan Audit Kinerja Itjen TNI selama melaksanakan tugasnya sehingga diperoleh informasi dan masukan secara objektif”.

Irjen TNI dalam sambutannya yang dibacakan Irlat Itjen TNI mengatakan “Sebagai badan pelaksana Panglima TNI bidang pengawasan Itjen TNI berkewajiban melaksanakan pengawasan intern guna memberikan keyakinan bahwa pembinaan dan penggunaan kekuatan TNI serta pemeliharaan kesiapsiagaan operasional dapat terlaksana sesuai prinsip kepatuhan, ketertiban, efektif, efisien dan ekonomis yang sering dikenal dengan singkatan 2K3E. Semoga kegiatan audit ketaatan dan audit kinerja Itjen TNI periode II TA 2024 di Lantamal III Jakarta dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan standar audit serta memperoleh nilai tambah atau value added yang kita harapkan semua. Kegiatan audit Itjen TNI ini sebagai salah satu fungsi manajemen yang dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk menjaga agar pelaksanaan tugas dan fungsi akan selalu berada pada arah dan tujuan yang telah ditetapkan. Sejalan dengan hal ini, kegiatan audit Itjen TNI merupakan kegiatan yang independen dan objektif dalam bentuk pemberian keyakinan serta konsultasi yang dirancang untuk memberi nilai tambah guna mewujudkan tujuan dari organisasi”.

Selanjutnya Irjen TNI menjelaskan “Itjen TNI selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengawasan intern terhadap daya guna, hasil guna, tepat guna, tertib hukum, dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiapsiagaan, penggunaan dan pembangunan kekuatan serta perbendaharaan di lingkungan TNI. Untuk kegiatan audit ketaatan dan audit kinerja Itjen TNI periode II TA 2024 dilaksanakan dengan melakukan penilaian tingkat kepatuhan terhadap peraturan dan tingkat efektifitas, efisiensi serta ekonomisasi (3E) dalam melaksanakan kegiatan di bidang operasi, latihan, umum dan logistik serta perbendaharaan dengan tetap mempertimbangkan proses bisnis sasaran atau program kegiatan yang diaudit. Kemudian mengidentifikasi dan menilai resiko strategis, resiko dari operasional dan tetap memperhatikan langkah-langkah untuk mendeteksi ada tidaknya indikasi terjadinya fraud (penyimpangan)”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan

Posting Terkait

Jangan Lewatkan