Keruk Sedimentasi, Satgas Sektor 8 Gunakan Alat Berat Lakukan Normalisasi Sungai Citarum.

Kab Bandung, MPN.

Memasuki musim kemarau dimanfaatkan satgas Citarum sektor 8 melakukan normalisasi sungai Citarum, ratusan Kubik endapan lumpur diangkat menggunakan dua alat berat setiap harinya.

Sedimentasi lumpur yang bercampur sampah apabila tidak segera dikeruk dalam jangka panjang mengakibatkan aliran sungai Citarum tidak lancar.

” Aliran air justru mengikis bantaran sungai bahkan bisa meluap apabila masuk musim penghujan karena sungai Citarum tidak bisa menampung dengan normal akibat sedimentasi yang akut,” jelas Bamin Sektor 8 Peltu Aseng saat memantau dua alat berat yang sedang bekerja di Kampung Mahmud Desa Mekarrahayu, Kamis (6/05).

Menurut Peltu Aseng, lumpur yang berhasil diangkat digunakan untuk merapihkan bantaran sungai.

” Kami terus mengupayakan agar sedimentasi yang menghambat aliran air terus diangkat, karena sungai Citarum harus optimal menampung debit air apabila masuk musim penghujan,” kata Bamin Sektor.

Sampai dengan hari ini tambah Peltu Aseng, sedimentasi yang diangkat sudah mencapai ribuan kubik.

” Saat ini ponton tidak kami gunakan karena sangat sulit melakukan manuver di sungai karena dangkal, alat berat harus turun karena luas sungai Citarum mencapai 40 meter,” tuturnya.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan