Dari Bali ke Lampung: Kisah Toleransi Budaya

Toleransi menjadi hal penting dalam menghormati keanekaragaman budaya di Indonesia. Hal ini terjadi di Kampung Talang Bali Srimenanti yang berada di Kabupaten Lampung Barat. Budaya Bali yang kental, tumbuh, dan berkembang di sini, dengan mayoritas masyarakat beragama Hindu, tetapi tidak ada penolakan dari masyarakat lokal; justru, mereka hidup bertoleransi.

Kampung Talang Bali Srimenanti bukanlah desa di Bali, tetapi berlokasi di Pulau Sumatra, tepatnya di daerah Lampung Barat. Meski begitu, kebudayaan Bali tumbuh subur di kampung ini. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa toleransi antar budaya telah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, meskipun berada di luar pulau asal budaya tersebut.

Penduduk Kampung Talang Bali Srimenanti mayoritas bermarga Sinuraya. Mereka mendirikan pura bernama Pura Luhur Dalem Talang Bali, yang menjadi pusat kegiatan keagamaan dan kebudayaan masyarakat Hindu di kampung tersebut. Setiap hari raya keagamaan Hindu, warga dari sekitar kampung berkumpul di pura tersebut untuk memanjatkan doa bersama dan melaksanakan upacara persembahyangan.

Namun, yang menarik dari kampung ini adalah bahwa warga non-Hindu juga turut serta dalam kegiatan keagamaan tersebut. Mereka tidak merasa terpinggirkan atau dikecualikan, bahkan turut mendukung kelancaran pelaksanaan upacara keagamaan tersebut. Inilah salah satu contoh nyata bagaimana toleransi beragama dan budaya dapat diwujudkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dalam aspek keagamaan, toleransi budaya juga tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kampung Talang Bali Srimenanti. Mereka tetap mempertahankan tradisi-tradisi Bali, seperti tarian, musik, pakaian adat, dan upacara adat, meskipun berada di luar pulau asal budaya tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat di kampung tersebut tidak hanya menerima keberadaan kebudayaan Bali, tetapi juga ikut serta dalam melestarikannya. Mereka menjadikan keberagaman tersebut sebagai kekayaan budaya yang memperindah kehidupan bermasyarakat. Pada akhirnya, kampung ini menjadi contoh bagaimana masyarakat yang berbeda latar belakang budaya dan agama dapat hidup berdampingan secara harmonis.

Kisah toleransi budaya dari Kampung Talang Bali Srimenanti di Kabupaten Lampung Barat ini menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk senantiasa menjaga perdamaian dan harmoni antar budaya. Melalui video ini, keberadaan dan perjalanan kehidupan masyarakat di kampung tersebut dapat menginspirasi generasi muda dalam memupuk nilai-nilai toleransi dan keberagaman budaya sebagai salah satu landasan utama kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan melihat contoh nyata dari kampung tersebut, penting bagi kita untuk menghargai keberagaman budaya di sekitar kita dan menjadikan toleransi sebagai landasan utama dalam interaksi antarsesama. Dari Bali ke Lampung, kisah toleransi budaya menjadi saksi keharmonisan antar budaya di Indonesia, yang seharusnya terus dijaga dan dilestarikan dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (Hamdanil Asykar)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar