Satgas Citarum Sektor 9 Bersama BBWS Dan DLH Bersihkan Ribuan Kubik Sampah Di Jembatan BBS.

Bandung Barat, MPN.

Hamparan sampah di bawah jembatan BBS Kecamatan Cihampelas mulai dibersihkan, satgas Citarum sektor 9 bersama Dinas LH Provinsi Jawa Barat, BBWS dan penggiat lingkungan mengangkat sampah yang diperkirakan mencapai ribuan kubik.

Dengan menggunakan satu alat berat jenis Long Arm ditambah ponton dan dua katamaran serta puluhan perahu kecil, sampah berbagai jenis yang bercampur dengan tanaman eceng mulai diangkat, Rabu (12/06).

Pengangkatan sampah disaksikan oleh PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Kadis LH Prov Jabar Prima Mayaningtyas, Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Arm Yogo Widiatmoko serta Kepala BBWS Ir Bastari.

Disampaikan Dansektor 9 Kolonel Arm Hari Wibowo melalui Pasi Ops Lettu Suryana bahwa hamparan sampah di bawah jembatan BBS merupakan sampah kiriman dari berbagai wilayah dan tertahan di jembatan BBS akibat pendangkalan.

” Hari ini dilakukan aksi pembersihan sampah dengan melibatkan beberapa unsur terkait, di hari pertama bisa diangkat sekitar 50 kubik sampah,” ujar Lettu Suryana.

Sampah yang berhasil diangkat tambah Pasi Ops, sementara diangkut ke TPS di posko sektor 9 sebelum dikirim ke TPA.

Sampah yang terhampar di sungai Citarum terdiri dari berbagai jenis, diantaranya plastik, botol mineral, Pampers, potongan kain sampai kursi dan kasur.

Ditambahkan Bamin Sektor Serma Itan, pembersihan sampah ditargetkan selama 7 hari, karena diperkirakan sampah yang terhampar lebih dari 1000 kubik.

” Nanti ada tambahan alat berat serta beberapa perahu LCR untuk mempercepat pekerjaan,” ucap Bamin Sektor 9.

Lebih lanjut Serma Itan mengatakan, di lokasi pembersihan akan dibangun pos pantau untuk memudahkan koordinasi antar instansi terkait.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar