Ogah Nganggur, Aktifitas Karang Taruna Bekasi Selatan Ini Bikin Remaja Melek Usaha

Kota Bekasi, MPI
Hampir setiap hari kesibukan terlihat di Sekretariat Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Bukan sekedar berkumpul, ternyata para remaja dan pemuda yang tergabung dalam organisasi sosial kepemudaan ini sedang sibuk melakukan aktifitas kewirausahaan.

Sejak awal April, jajaran pengurus Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan memulai program kewirausahaan kepada seluruh kader yang ada di tiap wilayah kelurahan. Alhasil, aneka ragam produk UMKM berhasil dikembangkan menjadi sebuah karya positif di bidang kewirausahaan.

Ada beberapa produk UMKM yang dikembangkan Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, seperti celengan aneka disain gambar, salad buah, rempeyek kacang, puding aneka rasa, dan bakso aci. Hampir seluruh produk UMKM ini dikembangkan oleh para pengurus Unit Karang Taruna di tingkat RW, kecuali produksi celengan yang dipusatkan di Sekretariat Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, H Darkam Suryadi, menjelaskan program kewirausahaan menjadi satu sasaran program kerja Karang Taruna Bekasi Selatan yang bertujuan memberikan wawasan dan pengalaman kepada kalangan remaja dan pemuda tentang beragam jenis UMKM yang bisa dikembangkan. “Kami ingin memancing minat mereka sekaligus menggali potensi seluruh anggota Karang Taruna di Bekasi Selatan ini, setidaknya mereka memiliki aktifitas atau kegiatan positif, tidak menganggur,” tegasnya.

Menurut Darkam masing-masing kepengurusan Karang Taruna di tiap lingkungan RW atau kelurahan diberikan kebebasan untuk memilih jenis produk UMKM sesuai minat dan keterampilan. “Makanya hasil produk UMKM ini menyebar di tiap RW, dan pengerjaan produk UMKM ini dilakukan secara guyub agar setiap anggota Karang Taruna tertular semangat untuk mengembangkan UMKM,” paparnya.

Untuk pemasaran, Darkam mengaku masih mengandalkan penjualan dengan sistem online melalui media sosial atau aplikasi pesan. “Ya lumayan hasilnya, makin hari makin bertambah peminatnya. Bahkan sebentar lagi kami juga akan memproduksi minuman tradisional dati jahe dan kunyit yang pastinya menyegarkan dan menyehatkan,” ulasnya.

Darkam beeharap pengembangan bidang kewirausahaan yang digiatkan Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan ini menjadi momentum lahirnya pelaku-pelaku UMKM yang handal. “Mengingat sulitnya mencari pekerjaan saat ini, semoga upaya pengembangan UMKM ini mnejadi satu solusi bagi para remaja dan pemuda untuk memilih jalan alternatif menjadi wirausaha muda, yang penting tidak nganggur,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan