Pasar Induk Cibitung Jadi Proyek Percontohan Pasar Ber-SNI

Bekasi ( Media Patriot)-–Pasar induk  Cibitung yang saat ini sedang direvitalisasi diarahkan  jadi pilot project pasar ber-SNI di Kabupaten Bekasi. Dengan demikian  PAD-nya bsia lebih maksimal.

Revitalisasi Pasar Induk Sayur Mayur Cibitung saat ini sudah masuk tahap pemindahan pedagang ke lokasi penampungan.

” Pembangunan atau revitalisasi dilakukan secara bertahap blok per blok. Alhamdulillah selama proses pindahnya pedagang ke lokasi penampungan tidak ada kendala yang berarti,” ujar Endang, Kepala UPTD Pasar Cibitung.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi , Muklis, mengatakan,  bahwa revitalisasi ini diharapkan bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi para pedagang Pasar Induk Cibitung serta menjadi ikon pasar sayur dan buah yang memiliki Standar Nasional Indonesia.

“Pasar Cibitung ini jadi pilot project pasar ber-SNI di Kabupaten Bekasi dan tentu kita harapkan PAD-nya bsia maksimal,” ujar Muklis kepada Media Patriot.

Konsep pasar sesuai SNI yakni meliputi sirkulasi dan pencahayaan tertata dengan baik, bersih, bisa diakses semua orang (lansia dan disabilitas), terdapat ruang laktasi, toilet bersih, pos kesehatan, pos keamanan, tempat beribadah serta sarana telekomunikasi dan informasi yang jelas.

Dengan posii sebagai percontohan,  konsep revitalisasi Pasar Cibitung juga mengedepankan sistem zero waste atau tanpa limbah dan ramah lingkungan.

“Insya  Allah Pasar Induk Cibitung ini akan menjadi pilot project. Semuanya tanpa ada limbah sama sekali. Sampah pasat nanti akan menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan,” terang Muklis

Adapun revitalisasi pasar menelan biaya sebesar Rp190 miliar dan ditargetkan rampung dalam 18 bulan..( Agus)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan