Masyarakat Positif Covid-19 Tak Perlu Panik Lagi, Relawan Bentukan LPM Ciketingudik Siap Dampingi Proses Penyembuhan

Kota Bekasi, MPI
Merebaknya kembali jumlah penyebaran virus Covid-19 akhir-akhir ini menimbulkan kepanikan di kalangan masyarakat Kota Bekasi. Terlebih lagi bagi keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat salah seorang anggota keluarganya terpapar Covid-19, rasa resah dan khawatir seakan tak bisa dielakkan sehingga menghambat proses penyembuhan.

Kondisi ini yang kemudian melatarbelakangi jajaran pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, membentuk tim Relawan Penanganan Covid-19 LPM Ciketingudik. Para relawan ini akan bertugas memberikan pendampingan dan bantuan kepada masyarakat positif Covid-19 selama menjalani proses penyembuhan melalui isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya masing-masing.

“Banyak berita yang menulis tentang kepanikan masyarakat terhadap ancaman pandemi Corona akhir-akhir ini. Kondisi ini membuat masyarakat merasa takut atau trauma bila berdekatan atau berinteraksi dengan tetangga atau saudaranya yang positif Covid-19. Padahal, masyarakat yang terpapar Covid-19 dan terpaksa harus menjalani Isoman ini membutuhkan bantuan dan pertolongan kita demi meningkatkan imun mereka selama proses penyembuhan,” ujar Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin, saat diajak berbincang, Selasa (6/7).

Dari rasa keprihatinannya, Salim kemudian melakukan musyawarah dengan jajaran pengurus lembaga yang dipimpinnya untuk menggulirkan program terkait penanganan masalah Covid-19 ini. “Akhirnya kami sepakat membentuk Tim Relawan Penanganan Covid-19 untuk menjawab segala kebutuhan masyarakat positif Covid-19 yang ada di wilayah Ciketingudik ini,” imbih dia.

Salim menyebut relawan ini berasal dari kalangan masyarajat yang ada di tiap-tiap lingkungan RW yang bersedia menjalankan tugas sosial membantu masyarakat atau keluarga yang terpapar Covid-19. “Tim relawan ini tidak bekerja sendiri dalam memberikan pendampingan, tapi tetap bersinergi dengan unsur Empat Pilar dari aparatur pemerintahan Kelurahan Ciketingudik, Bhabinkamtibmas dari Polsek Bantargebang, Babinsa dari Koramil 05/Bantargebang dan para tenaga kesehatan dari Puskesmas Ciketingudik. Relawan ini juga menjalin koordinasi dengan para oengurus RW setempat, terutama terkait data masyarakat yang terpapar Covid-19,” ulasnya.

Selain memberikan pendampingan, Salim menambahkan, para relawan akan membeeikan bantuan berupa Sembako, vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat atau keluarga yang terpapar Covid-19. “Makanya relawan ini tetap menjakuin komunikasi dengan pihak Puskesmas untuk mengetahui vitamin dan obat-obatan apa saja yang dibutuhkan pasien Covid-19,” tegasnya.

Lebih lanjut, Salim mengatakan tim relawan juga akan memberikan bantuan mencari atau menyediakan mobil jenasah bagi pasien Covid-19 yang tidak tertolong san akhirnya meninggal dunia. “Mengingat tugas tim relawan ini memiliki resiko tinggi, makanya kami dari LPM Ciketingudik menyiapkan alat pelindung diri, agar paea relawan tidak ikut terpapar Covid-19,” ungkapnya.

Salim berharap kehadiran tim relawan ini membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung virus Covid-19. “Kami tidak ingin masyarakat yang positif Ckvid-19 merasa hidup seorang diri. Bagaimana pun mereka tetap saudara kita juga yang butuh perhatian kita dalam menjalani proses penyembuhan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Relawan Penanganan Covid-19 LPM Ciketingudik Adis Saputra menyatakan para relawan sudah mulai bekerja secara menyebar ke tiap lingkungan RW, guna mendapatkan data warga yang terpapar Covid-19. “Sudah mulai bekerja, sesuai SK yang diterbitkan Pak Lurah selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Ciketingudik,” ungkapnya.

Adis juga menyatakan pihak siap mendistribusikan bantuan Sembako, vitamin dan obat-obatan kepada keluarga yang sedang menjalani Isoman. “Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus RW demi mendapatkan data keluarga yang menjalani Isoman, dan kami segeea distribusikan bantuan,” katanya.

Adis berharap para relawan tetap memiliki semangat dalam menjalankan tugas sosial ini. “Kita nawaitu secara ikhlas, jalankan rugas sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, kita salibg bahu-membahu membantu pemerintah menuntaskan masalah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan