Robohkan Bangunan Mushalla Tua, Ini Alasan LPM Ciketingudik

Kota Bekasi, MPI
Kalangan masyarakat merespon program bedah mushalla yang dilaksanakan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi. Kini, masyarakat merasa lebih nyaman saat melaksanakan ibadah shalat berjamaah di mushalla yang dekat dengan rumah mereka.

Melalui program bedah mushalla ini, LPM Ciketingudik melakukan rehab total terhadap bangunan mushalla tua yang ada di lingkungan pemukiman masyarakat. Program ini dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai dengan usulan masing-masing pengurus Dewan Kemakmuran Masjid/Mushalla yang ingin menyerap program bedah mushalla ini.

Saat diajak berbincang, Jumat (3/9) malam, Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin menjelaskan program bedah mushalla ini merupakan jawaban dari usulan masyarakat muslim yang ingin beribadah lebih nyaman. “Para pengurus DKM kemudian mengajukan usulan tentang rehab untuk mushalla mereka yang dianggap sudah tidak layak digunakan,” ulas dia.

Salim menambahkan pihaknya kemudian melakukan pendataan terkait bangunan mushalla yang perlu direhab total. “Setelah menerima data, kami lalu memulai dengan membongkar bangunan mushalla tua yang menyerap program bedah mushalla ini, dan selanjutnya kami memulai proses pembangunan,” imbuhnya.

Sampai saat ini pihaknya sudah merehab total tiga mushalla, yakni Mushalla At Taqwa di RT 003 RW 01, Mushalla Al Ikhlas di RT 003 RW 03, dan Mushalla Al Amanah di RT 002 RW 07. “Alhamdulillaah ketiga mushalla itu sudah rampung pembangunannya sehingga masyarakat setempat bisa melaksanakan ibadah shalat berjamaah dengan lebih nyaman,” katanya.

Sementara itu, pihaknya kini sedang melaksanakan rehab total untuk Mushalla Baitul Syukur di RT 001 RW 06, dan Mushalla Al Amanah di RT 001 RW 05. “Selain itu ada juga majelis taklim yang mendapat program rehab, yakni Majelis Taklim Al Barkah yang berada di RT 002 RW 05, proses rehab sedang berjalan,” ungkapnya.

Menurut Salim, sasaran program bedah mushalla ini adalah untuk meningkatkan semangat masyarakat Ciketingudik dalam mewujudkan masyarakat yang religius. “Selaras dengan semangat ukhuwah Islamiyah yang digemakan oleh masyarakat, sehingga terwujud masyarakat yang berakhlak mulia dan masyarakat yang religius,” tegasnya.

Salim berharap proses rehab total mushalla yang sedang berjalan bisa rampung sesuai target jadwal yang sudah ditentukan. “Makanya kami juga memohon dukungan dan doa dari seluruh lapisan masyarakat agar kami dapat menjalankan program ini secara maksimal dan sesuai harapan bersama,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan