“Bappeda Kabupaten Tegal gagal Membahas Folkloor Tegal”

Slawi, MPI.co.id

Jumat pagi kemarin 12 November 2021 bertempat di Ruang Lokakarya Kantor Bappeda Kabupaten Tegal, dinilai gagal. hal ini karena Triyono selaku wakil kepala kantor Bappeda yang telah mengundang seniman, budaya dan pejabat kesenian dari Di dikbud kab Tegal.

Diak hingga rapat berakhir pembahasan tentang folkloor yang intinya mencatat dan mendokumentasikan cerita rakyat asli kabupaten Tegal oleh Triono hanya dicatat soal sang dalam berbahasa Tegal dan lagu tegal yang cocok untuk jadi ikon tegal di stasiun dan tempat pemberhentian.

“Saya ketua Sanggar Asah Manah Pangkah”dikomunitas kami ada tradisi menulis cerita rakyat kabupaten Tegal hasil dari riset dan penelitian independen.

Meskipun kami mandiri dan tidak pernah memperoleh bantuan pemerintah kalau soal menulis cerita, p dan naskah drama baik yang berbahasa indonesia maupun bahasa Tegal. kami sudah miliki puluhan cerita dan ratusan puisi. p

Siapa yang mau bertanggung? menerbitkannya ini saya sudah 2 bulan melatih anak SD persiapan Lomba cerita rakyat di Solo tingkat, ujar Diah Setyawati yang juga memprotes kabid kebudayaanTegal yang melaporkan di rapat kemarin bahwa Tari endel siap dijadikan kekayaan Intelektual.

“Tari endel itu penyebab Tari Topeng Tegal tidak dapat dilestarikan, karena Tari endel yang merupakan salah satu dari 6 jenis Tari Topeng di Tegal telah dieksploitasi jadi proyek oleh oknum pejabat seniman Tegal,” ujar Diah Setyawati pula.

Ia juga aktris film Tegal dan pembaca puisi terbaik nasional, menyesal ikut rembug soal folkloor di Bappeda karena gagal mengangkat persoalan penting ini apalagi minggu depan ia harus mendampingi kontingen lomba cerita folkloor khas Tegal di Solo. (Deswin N/Dibyo)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan