Perbanyak Lubang Biopori, Musibah Banjir Bisa Diminimalisir

MIMBAR PATRIOT.CO.ID-Musibah banjir di wilayah Tambun Selatan di musim penghujan 2022 ini Alhamdulillah tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentunya tak lepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan, baik ke sungai maupun ke saluran air.

Selain itu, kepedulian warga Tambun Selatan membangun biopori ( lubang serapan) membawa dampak positif berkurangnya banjir di wilayah ini selama 2022 ini.

Dengan semakin banyaknya warga membuat lubang biopori, lanjut camat, selain bisa memiliki resapan air yang bermanfaat di musim kemarau, juga sedikit banyak mengurangi resiko banjir.

Sejumlah warga di wilayah Tambun Selatan pun sudah ada yang membuat Kampung Biopori.

Junaefi yang juga mantan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi ini mengatakan, beberapa fungsi lubang biopori memiliki nilai manfaat yang tinggi terhadap lingkungan.

Misal saja, lanjutnya, meresapkan air hujan yang jatuh ke dalam tanah. -Dapat menahan air hujan serta melindungi permukaan tanah. -Tersedianya cukup bahan organik, air, oksigen, dan unsur hara bagi perkembangan akar tanaman.

Gagasan membuat lubang biopori di masing-masing rumah warga, sudah dimulai ketika Junaefi menjadi Camat Tambun Selatan beberapa tahun lalu. Bahkan kini sudah ada kampung biopori di wilayah Kecamatan Tambun Selatan.

Gencarnya pihak UPTD Persampahan dalam memerangi sampah sungai dan juga semakin pedulinya masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, berdampak baik berkurangnya banjir selama musim penghujan tahun ini. ( Yulia)

 


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan