Junaefi : Rumah Singgah di Tambun Selatan Punya Manfaat Besar Bagi Penanganan PMKS

MEDIAPATRIOT.CO.ID ( Tambun Selatan)- Camat Tambun Selatan, Junaefi, mengatakan, pihaknya akan terus mensosialisasikan keberadaan meskipun rumah singgah , karena keberadaannya sangat penting bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial ( PMKS) .

” Selain itu, karena satu-satunya rumah singgah milik Kabupaten Bekasi berada di wilayah Tambun Selatan,” ujar Camat Junaefi.

Keberadaan Rumah Singgah, lanjutnya, harus terus disosialisasikan kepada masyarakat agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan dan fungsi dari Rumah Singgah tersebut.

Sementara itu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Yanuar, SH, M.MPd mengatakan, Rumah Singgah adalah tempat penampungan sementara anak jalanan sebagai wahana pelayanan kesejahteraan sosial.

Camat Tambun Selatan, Junaefi, mengatakan, meskipun rumah singgah merupakan wewenang Dinas Sosial, namun karena lokasi Keberadaannya di wilayah Tambun Selatan, dirinya juga merasa berkewajiban mensosialisasikan keberadaan rumah singgah ini minimal kepada warga Tambun Selatan.

“Rumah singgah merupakan proses informal yang memberikan suasana pusat resosialisasi anak jalanan terhadap sistem nilai dan norma di masyarakat,” ujar Yanuar, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Bekasi.

Saat ini,ujar Yanuar, jumlah rumah singgah baru ada satu , terletak di Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan dengan kapasitas bisa menampung delapan klien.

Yanuar mengungkapkan, selama Tahun 2019, Dinas Sosial Kabupaten Bekasi telah menampung sebanyak 60 klien PMKS/PPKS dengan batas waktu beberapa hari. Untuk tahun 2020 ada 68 klien. Namun sepanjang tahun 2021, Dinsos hanya menampung sebanyak 25 klien.

“Sesuai dengan SOP itu batas minimal 3 hari dan maksimalnya 7 hari, untuk shelter,” jelasnya.

Sementara itu Camat Tambun Selatan , Junaefi, menilai keberadaan rumah singgah di wilayah Tambun Selatan ini cukup membantu mengatasi permasalahan-permasalahan penyandang masalah kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, lanjutnya, Kecamatan Tambun Selatan merupakan wilayah yang terpadat penduduknya di Kabupaten Bekasi. Sehingga dengan demikian, permasalahan yang ada di masyarakat pun lumayan tinggi. ( Yulia)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan