Atasi Sebaran Eceng Gondok, Satgas Citarum Sektor 12 Ciptakan Ponton Kompeyer.

Cianjur. MPN.

Antisipasi meluasnya hamparan tanaman gulma eceng gondok di waduk Cirata, satgas Citarum sektor 12 melakukan inovasi dengan membuat mesin pencacah yang diberi nama Ponton Kompeyer.

Dengan desain yang sederhana, Ponton Kompeyer dengan panjang 9 meter dan lebar 4 meter ini dibuat langsung tim mekanik sargas Citarum sektor 12.

Disampaikan Dansektor 12 Kolonel Czi Suryatrinu Wardedi, mesin Ponton Kompeyer ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam mencegah penyebaran eceng gondok yang begitu pesat.

” Pembuatan Ponton Kompeyer ini sebagai kepedulian dari satgas Citarum sektor 12, mengingat luas kawasan waduk Cirata yang mencapai 6004 hektar dan berada di tiga wilayah yaitu Bandung Barat, Cianjur dan Purwakarta,” ujar Dansektor 12.

Saat ini dengan luas hamparan eceng gondok yang ada, alat berat yang tersedia yaitu 3 excavator dan 3 Helvester milik PJB serta 1 excavator dari satgas Citarum sektor 12.

Sementara ini dengan pertumbuhan eceng gondok yang pesat dibutuhkan tambahan alat berat, dan tentunya membutuhkan biaya yang besar.

” Diharapkan Ponton Kompeyer ini cepat selesai dan akan bekerja secara maksimal dalam membantu penanganan gulma eceng gondok,” tandas Kolonel Czi Suryatrinu Wardedi.

Ditambahkan Bamin sektor 12 Serka Hery Supriatna kepada mediapatriot.co.id Senin (25/07) melalui selular bahwa pembuatan Ponton Kompeyer ini atas inisiatif langsung dari Dansektor 12.

” Cacahan eceng gondok yang dihasilkan Ponton Kompeyer ini nantinya bisa dibuat kompos serta makanan ternak,” imbuh Serka Hery Supriatna.

Rie.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan