Camat Tukdana Asep Tebar potensi Tari Topeng Di Hari Jadi Indramayu

Indramayu, MPI.co.id

Filosofi Tari Topeng oleh Nurochman Sudibyo YS. Budayawan Pantura Jawa. Seno Tari Topeng adalah warisan yang berasal dari kerajaan, Majapahit, Bahkan ketika era kejayaan Singosari dan masa kendedes menjadi istri Kuwu Tumapel.

Tari topeng atau drama bertoleng sudah ada dan tenar di masa itu, Seni tari topeng Singosari pun menjadi kebanggaan di masa kejayaan kerajaan Majapahit, Ketika majapahit mengalami kemunduran kesenian ini dibawa para leluhur ke Malang menjadi terkenal hingga kini Tari “Topeng Malang”. adapun warga masyarakat majapahit yang bergerak melalui laut bersandar ke pesisir Tegal jadi “Topeng Slarang” hingga kini. Bersandar di losari jadi seni tari “topeng Losari”, Slangitdan Palimanan.

Dan di Indramayu berkembang di juntinyuat, Tambi pekandangan dan Lohbener, Orang orang yang tertarik belajar tari topeng di wilayah Cirebon dan Indramayu. dikarenakan makna filosofinya bukan karena kemewahan dan keanggunan tarian ini.

Jika pada awalnya tarian ini memiliki aneka ragam wajah wanda dan kedok,
Ketika sampai di wilayah Cirebon dan Indramayu hanya 5 Wanda saja yang diajarkan, Lima wanda atau lima jenis tarian topeng ini mengajarkan tentang watak dan laku lampah manusia.

“Panji” disaat baru lahir, manusia atau bocah wajib belajar menirukan gerakan orang tua. “Samba”atau usia kanak kanak seorang bocah wajib bersekolah. “Rumyang” dimasa Remaja siapapun wajib belajar dan membantu orang tua. “Patih” kelak sesudah dewasa siapapun orangnya harus pandai berusaha bekerja dan mau berumah tangga. “Kelana” ketika memiliki peluang usaha dan brrkuasa tidak boleh sombong, adigung adiguna. Ia harus mampu mengatur emosinya. Jika berlaku baik ia akan sukses jika berlaku curang dan korupsi akan masuk jeruji besi. (Nurdibyo).


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan