Widya Genomic di Senior Expo 2023 Memperlihatkan Inovasi Produk Di Bidang Kesehatan

Widya Genomic di Senior Expo 2023 Memperlihatkan Inovasi Produk Di Bidang Kesehatan

Jakarta, 20 Maret 2023 – Risa Shofia sebagai Co Founder Widya Genomic, sesusai menghadiri acara *Press Conference SENIOR EXPO 2023* pada hari Senin, 20 Maret, yang diadakan di Hotel Atlet Century Senayan memberikan keterangan pers bahwa ; “Jadi Widya Genomic ini salah satu perusahaan rintisan start up yang ada di Jogja dimana Venture pemodal kami dari UMG Idealab. Jadi disini kami dimodali untuk membuat Laboratorium BSL II yang fokus untuk profiling gen untuk fokusnya profiling gen untuk healthy aging. Bagaimana caranya orang itu bisa mengetahui profil genetiknya sedini mungkin sehingga kita bisa mengarahkan kita cocoknya kalau misal makan nutrisi itu harus bagaimana. Olahraga kita cocoknya apa sesuai dengan gen yang kita profiling. Kemudian ada juga produk yang akan dilaunching di Bulan Mei juga yang mana produk ini belum ada di tempat-tempat yang lain yakni epic genetic test. Jadi epic genetic test ini kita akan melakukan profiling metilasi DNA. Metilasi DNA itu kalau misalnya bahasa gampangnya kita bisa mengecek seberapa rusak DNA kita sudah terjadi.

Itu akan kita launching juga produknya sehingga kita bisa mengetahui usia biologis kita dibandingkan usia asli kita apakah lebih muda atau lebih tua berdasarkan metilasi yang sudah terjadi di DNA kita. Kemudian kita bisa tahu panjang telomer, telomer itu ujung kromosom. Semakin pendek telomer itu maka dia itu bisa digolongkan lebih cepat tua. Orang tua itu telomernya pendek. Tapi si telomer ini bisa diperpanjang karena ada enzim yang namanya enzim telomerase. Kalau kita bisa tahu telomernya pendek terus kita mengubah gaya hidup kita. Kita cek lagi kalau misalnya telomer kita memanjang berarti kita sudah reverse aging bisa kembali muda. Karena kita sudah cek itu dan setelah cek itu kita memperbaiki lifestyle kita, setelah diperbaiki dicek lagi telomer kita memanjang. Itu menjadi harapan juga buat orang-orang yang pengen awet muda dan berhasil awet muda atau tidak dengan uji cek metilasi DNA.

Alat ini alat uji molekuler namanya micro array, Micro array ini sekarang buatan US dari Ilumina nama mereknya I Scan kita pakai itu. Nanti akan ada genetic counselor yang nanti mengarahkan berdasarkan uji gennya dan test DNA. Ibu itu cocoknya dietnya itu makanannya seperti apa. Menunya itu apa, olahraganya dari Dokter olahraga kami ada rekomendasi cocoknya Ibu itu olahraga yang bagaimana dan ritmenya bagaimana. Sehingga itu mendukung kita jadi lebih semangat untuk memperbaiki diri karena parameter yang bisa kita lihat disitu. Misalnya kalau pola makan cenderung kurang bisa menyerap vitamin C, maka intensitas vitamin C bisa diperbanyak di diet kita sehari-hari. Terkait harga nanti akan dikabarkan ketika launching.

Pertama kalau di Senior Expo pasti kita akan memperlihatkan produk dan display-display kita sama mungkin nanti kita sebagai launch partner akan ada talkshow nanti dari panitia Senior Expo untuk mendukung acara ini. Yang penting kita diawal ini kita akan mengkampanyekan bagaimana caranya nantinya ketika sudah tua itu aging while bisa hidup sehat dan mandiri diawali dari test DNA. Nantinya kalau misalnya mau di tes tingga order saja lewat website, saat ini websitenya dalam masa pengembangan sampai nanti di Bulan Mei kita Launching di website. Dimanapun itu bisa beli nanti kita kirim kitnya. Kemudian nanti kitnya cuman alat buat mengumpulkan sample saja. Jadi anda nanti tinggal mengeluarkan saliva disitu atau tetes darah sedikit nanti ada kertasnya. Terus dikirim lagi ke Jogja di Lab kita akan ekstrak DNAnya dan running. Kemudian sama tim kita dari Pageline By You Informaticsnya dilihat semua informasi gen yang keluar itu seperti apa. Running timenya bisa 2 sampai 3 minggu, dari mulai beli kemudian kirim kembali lalu proses di laboratorium. Jadi isunya saat ini data dan sample biologis kita jangan sampai keluar, banyak yang provider itu memasarkan kemudian nantinya dikirim. Saat ini karena akan ada RUU juga dari Kementerian Kesehatan tentang itu kita sekarang sudah mulai investasi Laboratoriumnya dan alatnya semuanya bahkan SDMnya kita berusaha untuk mengolah itu semua di Indonesia,” tutupnya.

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan