LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN ARCHIPELAGIC JOY SAILING AND RESEARCH KOMISI GURU BESAR KOMITE SKSG UI

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN ARCHIPELAGIC JOY SAILING AND RESEARCH KOMISI GURU BESAR KOMITE SKSG UI

MEDIAPATRIOT.CO.ID – TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili oleh Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal III Jakarta Letkol Laut (KH) Subarja, S.T.P. melaksanakan archipelagic joy sailing and research Komisi Guru Besar Komite Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) yang dipimpin oleh Ketua Komisi Guru Besar Komite SKSG UI Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi bertempat di KRI Barakuda-814, Sabtu (29/07/2023).

Komandan Lantamal III Jakarta dalam sambutannya yang dibacakan Kadispotmar Lantamal III Jakarta mengatakan “Luas lautan negara kita adalah dua per tiga dari luas wilayah keseluruhan dan untuk menjamin kedaulatan serta keamanan di perairan tersebut merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut. Dalam melaksanakan peran dan fungsi ini diperlukan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Seluruh rakyat Indonesia harus memiliki kesadaran dalam cinta tanah air dan lebih peduli terhadap kehidupan maritim yang manfaatnya sangat dirasakan seluruh rakyat Indonesia, demi kemajuan pembangunan nasional yang mengusung visi maritim”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menyatakan “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya ketahanan maritim nasional. Diharapkan para pemangku kepentingan dapat membentuk pemahaman yang lebih baik terhadap laut serta berbagai aspek pengelolaannya yang berpengaruh pada strategi pembangunan nasional. Hanya dengan pembangunan nasional yang mengusung visi maritim maka Indonesia dapat secara proaktif dan dinamis melindungi kepentingan nasional serta melakukan terobosan yang diperlukan untuk meraih cita-cita “Indonesia Emas 2045” yaitu menjadi negara dengan pandapatan per kapita yang setara dengan negara maju, sehingga dapat keluar dari Middle Income Trap (MIT)”.

Sementara Ketua Komisi Guru Besar Komite SKSG UI mengatakan “Kegiatan archipelagic joy sailing and research adalah pengalaman belajar bersama KRI Barakuda-814 kolaborasi TNI Angkatan Laut dan SKSG UI di Kepulauan Seribu, halaman terdepan Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan forum group discussion (FGD) “Outlook Indonesia sebagai Negara Arsipelago Menuju 2045” yang diselenggarakan Komisi Guru Besar Komite SKSG UI. Dalam paparannya saat FGD, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. menyatakan bahwa sudah sepatutnya Indonesia menyadari hakikatnya sebagai negara kepulauan, yang masa depannya berada di lautan dan mewujudkan kemajuan bangsanya melalui upaya konkret untuk menjadi negara maritim yang mendunia”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red Irwan


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan