Pangdam III/Siliwangi Resmikan Mako Daerah Latihan Dengan Konsep Ekologi, Olahraga Dan Wisata.

Bandung, MPN.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Mia Kunto Arief Wibowo meresmikan Markas Komando (Mako) Daerah Latihan (Rahlat) Kodam III/Slw di Rancabali, Ciwidey, Bandung, Selasa 09 Agustus kemarin.

Hal itu disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (09/08)..

Dalam keterangannya, bahwa pembangunan daerah latihan telah dirintis sejak tahun 2020 saat Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menjabat sebagai Kasdam III/Slw dan pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kodam III/Slw dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat itu pada bulan Oktober 2022 tahun lalu.

“Alhamdulillah, Kodam III/Slw kini telah miliki Mako dan memiliki daerah latihan dibangun di atas tanah seluas 5.406,85 Hektar, yang terletak di daerah Rancabali, Ciwidey,” terangnya.

Dalam kegiatan peresmian Mako Rahlat Rancabali, Pangdam III/Slw menerima paparan dari Kazidam III/Slw Kolonel Czi Rielman Yudha tentang Rencana Pembangunan Daerah Latihan Kodam III/Slw di Ciwidey Kompleks dilanjutkan dengan pemutaran video pembangunan Mako.

Pada sambutan Pangdam yang disampaikan Kapendam III/Slw hal ini dilaksanakan untuk mewujudkan daerah lahan yang sesuai dengan standar dunia militer, Kodam menjalin kerjasama dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten juga bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dibangun dengan luas tanah 5.406,85 Hektar. Sementara Markas Komando Latihan telah dibangun dimulai sejak bulan April 2023.

Sedangkan untuk penyiapan medan latihan yang realistis lanjut Kapen, Kodam III/Slw membangun sebuah fasilitas latihan dengan konsep yang terintegrasi. Yaitu sarana latihan yang dapat meningkatkan kemampuan prajurit, disisi lain dengan lahan yang ada dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

“Dengan terbangunnya Mako Rahlat di Rancabali ini di harapkan kedepannya juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, yang outputnya untuk kesejahteraan masyarakat serta ketahanan nasional di wilayah. Pembangunan daerah latihan Rancabali konsepnya akan dipadukan dengan Konsep Olahraga, Wisata dan Ekologi,” paparnya.

Pembangunan daerah latihan diawali dengan penyiapan lahan oleh prajurit jajaran Kodam III/Slw bersama masyarakat setempat. Dimana saat ini telah berdiri 3 bangunan yang tediri dari 2 unit bangunan berukuran 6 x 6 dan 1 unit berukuran 8 x 8 m sebagai Markas Komando Latihan.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam III/Slw juga menyaksikan penandatanganan PKS antara Kazidam III/Slw dengan BBWS tentang Swakelola Oxbow BBWS, serta penandatangan PKS antara Kodim 0624/Kab. Bandung dengan Pemda Kab. Bandung tentang pendampingan penggunaan Alat dan mesin Pertanian (Alsintan), penerapan teknologi Bios 44 DC serta penyaluran dan evaluasi bibit kopi dari Kementerian Pertanian RI yang akan ditanam pada lahan seluas 250 Hektar.

Pangdam juga memberikan penghargaan kepada Bpk H. Rajab selaku Dirut PT. Prakasa Purba serta Dosen dan para Mahasiswa ITENAS yang sudah berpartisipasi dalam membantu menyusun konsep untuk mewujudkan sarana dan prasarana pembangunan Rahlat Rancabali yang integratif.

Di akhir sambutannya, Pangdam menekankan kepada seluruh prajurit jajaran Kodam III/Slw agar memanfaatkan tempat latihan sebaik-baiknya, menjaga dan tidak merusak tanaman atau properti milik Perhutani dan masyarakat, serta menghormati adat budaya maupun kearifan lokal masyarakat Ciwidey.

(Pendam III/Siliwangi).

Rie.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan