Hasnawati Kepala Desa Totallang, Sulawesi Tenggara Sangat Siap Mengelola Dana Dengan Baik Untuk Memajukan Masyarakat Desa Totallang

Hasnawati Kepala Desa Totallang, Sulawesi Tenggara Sangat Siap Mengelola Dana Dengan Baik Untuk Memajukan Masyarakat Desa Totallang

MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 31 Oktober 2023 – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Kolaborasi Pembangunan Desa Menuju Indonesia Emas 2045 dan Peluncuran Dasbor Desa” yang langsung dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Gedung Heritage Kemenko PMK pada hari Selasa, 31 Oktober 2023.

Saat ditemui awak media online seusai menghadiri Peluncuran Dasbor, Hasnawati sebagai Kepala Desa Totallang, Sulawesi Tenggara menjelaskan bahwa; “Desa kami sudah melakukan penanganan stunting yang utamanya ada kelompok remaja disana dan KPM inilah yang mendata untuk mengetahui bagaimana perkembangan stunting yang ada disana. Dan disana itu ada Kampung KB Berkualitas, disana juga ada dapur sehat mengatasi stunting. Jadi setiap bulan kami melakukan pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil, bayi dan balita ada di Posyandu dimana Posyandu bertugas untuk mengukur bayi, balita dan mengetahui juga perkembangan stunting. Begitu juga di desa kami ada BKL-BKL yang sudah kami jalankan dimana dananya itu melalui dana desa.

Jadi dana desa itu sangat bermanfaat untuk desa kami dan mudah-mudahan tahun yang akan datang ini saya Kepala Desa Totalang, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara bisa meningkatkan program-program yang ada dan bisa mengatasi stunting, kemiskinan hingga semua masalah bisa teratasi dengan berharap kami ingin menjadi Desa maju dan Indonesia maju.

Harapan kami mudah-mudahan di tahun yang akan datang ini anggaran yang ada di desa kami bisa bertambah seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Menko PMK yang mudah-mudahan sekitar 2 milyar dan semoga saya bisa mengelola dana dengan baik untuk memajukan masyarakat desa menuju desa mandiri.

Program Kegiatan Desa Totallang Tahun Anggaran 2023

1. Penyelenggaran Pemerintah : SILTAP Kepala Desa dan Perangkat Desa, Jaminan Kesehatan, Jaminan Ketenagakerjaan.

2. Pembangunan : Peningkatan Sarana Pendidikan, Pengelolaan Perpustakaan Desa, Dukungan Pendidikan Siswa Kurang Mampu, Peningkatan Pelayanan Kesehatan Dasar Melalui Posyandu, Fasilitas Pengelolaan Sampah.

3. Pembinaan Kemasyarakatan : Pembinaan Kehidupan Beragama, PKK dan Posyandu.

4. Pembangunan Perangkat Desa : Ketahanan Pangan, Dukungan Kegiatan Pemberdayaan Perempuan, Bidang 5 Bantuan Langsung Tunai Desa.

Program Utama Tahun Anggaran 2023

1. Perlindungan Sosial : Bantuan Langsung Tunai Kepada 30 KPM.

2. Ketahanan Pangan : Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Rabat Jalan Usaha Tani.

3. Pencegahan Stunting : Insentif Nakes, Alat Kesehatan, Makanan Tambahan, Pelatihan Kader KPM.

Dalam proses perencanaan pembangunan, Pemerintah Desa senantiasa melibatkan semua unsur masyarakat terutama kaum Perempuan, Disabilitas dan kelompok-kelompok termajinalkan lainnya.

Dana desa sangat bermanfaat untuk membangun desa dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai cita-cita luhur bangsa Indonesia. Hal ini juga yang menjadi cambuk buat kami sehingga terus berbenah dari membangun desa. Kami juga optimis bahwa dengan pengelolaan dana desa yang tepat bisa mewujudkan desa mandiri menuju Indonesia maju.

Tahun 2024, Pemerintah Kab. Kolaka Utara meluncurkan juga program Data Desa Presisi(DDP) yang nantinya akan disandingkan dengan Data SDGs Desa dan Data Indeks Desa Membangun(IDM) sehingga data yang digunakan akan semakin valid, terukur dan akuntabel. Hal ini nantinya menjadi langkah nyata dalam proses pengambilan kebijakan dalam penganggaran.

(Red Irwan)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan