Festival Budaya Masyarakat Kampung Kandang Jakarta Utara Tahun 2023

Jakarta,- mediapatriot.co.id Kasudin Kebudayaan
Dan Pariwisata dan Walikota Jakarta Utara Ibu Cucu Membuka Festival Kampung Budaya Kampung Kandang Tahun 2023, Ketua Panitia Babeh Ahyar mengatakan dalam acara festival Tahun 2023 hadir pada acara Festival Budaya Kampung Kandang, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Walikota Jakarta Utara Ibu Cucu, Sekertaris Kelurahan Semper Barat Joce Rizal ,ST, Kasatpol PP Muhammad Iqbal M.AP, Kapolsek Cilincing Kompol Fernando Saharta Saragi S.IK Ketua LMK Semper Barat Ustad Suhadi dan jajarannya LMK 1 sampai LMK 17, Ketua FKDM SEMPER Barat Arif Suhendar dan para RW 01 sampai RW 17 serta para Tokoh Masyarakat Betawi lainnya,Tidak banyak yang menyadari bahwa hadirnya orang Betawi JakartaUtara tepatnya di Kampung Kandang Budaya Betawi Semper Barat nyatanya punya peran penting bagi ragam budaya di sana. Salah satu contoh nyata yang dapat dirasakan hingga saat ini yaitu hadirnya musik Band Betawi, Tari Betawi Gambang kromong, Lenong Betawi, Parade ondel ondel, Silat Betawi, Maja Betawi, Orkes Melayu,Tanjidor,Bazar UMKM, kuliner khas Betawi serta Palang pintu apabila dalam menyambut tamu yang akan datang diacara tersebut ucap Babeh haji Ahyar.
Tidak hanya diminati oleh kalangan orang tua, musik Orkes Melayu kini juga merambah ke kalangan anak muda.
Gambang Kromong di Kampung Kandang merupakan musik yang asal muasal dari jakarta yang tempo dulu disebut Betawi Penyebaran musik ini terjadi karena lokasinya berada di Jakarta dan akulturasinya ucap tokoh masyarakat Betawi, enkong haji Amsar Minggu (26/11/2023).
Bila hendak melihat Kampung Kandang, kamu bisa berpatokan ke lokasi yang biasa ditempati orang Betawi jika sedang ada acara Festival besar besaran Lokasinya di Jalan raya Cakung Timur Semper Barat tepatnya dekat waduk Belibis RW 04 , rumah engkong haji Amsar,Kelurahan Semper Barat,kecamatan Cilincing, Jakarta Utara

Semarak di Kampung Kandang bisa dirasakan ketika Tahun Baru Islam karena ada tradisi Betawi yang dirayakan. Aktivitas di Kampung Kandang Meskipun begitu kamu bisa datang ke Kampung Kandang pada hari biasa, dan mencoba beberapa aktivitas berikut.
Melihat waduk Belibis Pembuatan Patung ondel ondel merupakan sejarah di Kampung Kandang lokasinya di Jalan Raya Tipar Timur SemperBarat Cilincing, JakartaUtara.
Untuk menghidupkang kembali budaya Betawi musik Gambang Kromong setelah sebelumnya sempat terhenti. Menurut informasi yang media dapatkan saat berkunjung ke Rumah tokoh masyarakat Betawi Abah engkong haji Amsar panggilannya Rumah pembuatan Ondel ondel ini sedang dipersiapkan untuk menjadi kegiatan anak muda Betawi mempelajari caranya membuat patung ondel ondel yang Nantinya wisatawan bisa mengenal lebih dalam seputar sejarah Betawi di Indonesia, dan bahkan bisa melihat instrumen patung ondel ondel .

Rumah ini sudah lebih dari 25 tahun, cuma kami belum merenovasi karena sudah tidak layak huni, kata Abah engkong haji Amsar asli anak Betawi , di lokasi. Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat grup Gambang Kromong di sana memainkan lagu. Mennyicipi makanan khas Betawi Kampung Kandang Ada beberapa makanan khas Kampung Kandang yang bisa dicicipi oleh wisatawan jika berkunjung ke Kampung Kandang, di antaranya ada Ranginang, kue kembang goyang, dodol Betawi
Dan yang lainnya. Perlu diketahui, makanan tersebut mudah didapatkan di sekitar kampung kandang kata salah satu warga kampung kandang Bang Encu yang memproduksi kuliner khas kulinerBetawi yaitu Bebek Oblok,Pucung gabus kepada media (JHON )


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan