Komitmen Menjaga Budaya Walau Lahir dan Besar di Jakarta, Jaga Minahasa .. Jaga Budaya Bangsa. (Dr. Jan Samuel Maringka, SH., MH. – Bakal Calon Gubernur Sulawesi Utara Periode 2025 – 2030)

Dr. Jan Samuel Maringka, S.H., M.H. adalah Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI Periode 2022 – 2023 & Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen KEJAKSAAN AGUNG RI Periode 2017 – 2021

Tak banyak anak bangsa yang konsisten mengabdi untuk kemaslahatan orang banyak. Barangkali Jan S Maringka (JSM) adalah salah satu di antara sosok yang secara terus menerus mengabdikan hidupnya kepada negeri. Tentu saja demi kesejahteraan masyarakat luas.

Lantas siapa sosok ini? Jan Maringka seorang jaksa yang berhasil mencapai puncak karier sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) pada Kejaksaan Agung RI periode 2017 hingga 2020. Bahkan setelah itu, Jan Maringka juga diberikan amanah oleh Presiden Joko Widodo mengabdi di luar instansi Kejaksaan RI sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian 2022-2023.

Selepas bertugas dari Kementan RI, Jan Maringka mengajukan permohonan berhenti sebagai Jaksa yang seharusnya bisa mencapai usia 62 tahun.

Namun ia justru berpikir untuk mengabdi lebih dalam kepada negeri ini di kampung sendiri asal leluhurnya Sulawesi Utara.

Di luar kariernya yang melesat kala itu, mulai sebagai jaksa di kejari Jakarta pusat, 1991 pernah dua kali menjabat kajari, di Tarakan dan Serang, ia juga pernah mendapat tugas sebagai Atase Kejaksaan di KJRI Hong Kong, dan jabatan kajati juga pernah diembannya sebanyak dua kali yaitu Kajati Maluku dan Sulawesi Selatan sebelum dipercaya sebagai jaksa agung muda di usia 53 tahun.

Jan Maringka adalah merupakan sosok yang melebur dan sangat memikirkan kebhinekaan.

“Bersyukur merupakan kata kunci dalam hidup saya. Tak pernah sekalipun terpikir saya bisa menapaki karier sebagai jaksa hingga mencapai puncak di saat itu. Apalagi keluarga saya tidak memiliki latar belakang jaksa, ataupun birokrat di pemerintahan” tutur Jan Maringka di Jakarta, Jumat (1/3).

Jan Maringka mengatakan, pihaknya kerap membuat berbagai kegiatan kemasyatakatan disamping penegakan hukum selama meniti karier adalah untuk menghadirkan Kejaksaan di tengah-tengah masyarakat, melalui kita, kehadiran Kejaksaan harus dirasakan dimanapun kita ditempatkan, wujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat.

Sebagai jaksa, Jan Maringka senantiasa berkomitmen menjaga kehidupan berbangsa dengan berbagai keberagamannya. Hal itu dilakukan sejak mahasiswa, melalui GMKI yang masih terus terbawa ketika sudah berprofesi sebagai jaksa.

“Kegiatan kebhinekaan itu terlihat nyata mulai dari kegiatan Ibadah Oikumene, Buka puasa termasuk menggelar dzikir akbar bersama Ketua MUI saat itu Prof Maruf Amin dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) 2018.

Sebagai informasi, Jan Maringka merupakan Ketua Panitia HBA pada 2018. Dalam rangka itu, maka digelar acara “Doa dan Asa Kejaksaan untuk Indonesia” berupa dzikir akbar dengan tema Membangun Sinergi Menjaga Negeri.

Alhasil, kegiatan ini pun diganjar piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena menjadi acara dzikir secara serentak dengan lokasi dan peserta terbanyak.

Di samping itu, kata Jan Maringka, pihaknya juga pernah menjadi Ketua Paskah Nasional di Tondano pada 2020, walau akhirnya kegiatan itu tertunda karena pandemi Covid-19. Kemudian, acara itu dilanjutkan pada 2022 yang digelar di Talaud, Sulawesi Utara.


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan