SGRO Membagikan Dividen dengan Total Rp220 Miliar atau Rp121 Per Saham

JAKARTA — Emiten CPO PT Sampoerna Agro Tbk. (SGRO) membagikan dividen sebesar Rp220 miliar atau Rp121 per saham pada RUPS hari ini, Senin (27/5/2024).

Direktur Sampoerna Agro Heri Harjanto mengatakan SGRO membagikan dividen dengan total Rp220 miliar atau Rp121 per saham. Dividen ini setara dengan 45% dari laba bersih SGRO di tahun 2023.

📲 Simak Berita Terpercaya Langsung di Ponselmu!

Ikuti MediaPatriot.CO.ID lewat WhatsApp Channel resmi kami:
👉 Klik di sini untuk bergabung

“Dividen akan dibayarkan pada satu bulan setelah pengumuman atau 28 Juni 2024,” kata Heri, Senin (27/5/2024).

Sebelumnya, SGRO pada laporan tahunannya menjelaskan keputusan pembagian besaran dividen mempertimbangkan laba bersih, kondisi keuangan, dan tingkat kesehatan perseroan. Kebijakan pembagian dividen SGRO juga mempertimbangkan pertumbuhan usaha ke depan, dan rencana pengembangan usahanya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu SGRO membagikan dividen dengan total Rp523,76 miliar atau Rp288 per saham atas laba bersih tahun 2022. Laba bersih ini terdiri dari dividen interim senilai Rp163,67 miliar atau Rp90 per saham yang telah dibayar pada November 2022.

Lalu, sisa dividen senilai Rp360,09 miliar atau Rp198 per saham dibayarkan pada Juli 2023.

Sementara itu, pada 2022, SGRO membagikan dividen final sejumlah Rp245,51 miliar, atau Rp135 per saham atas perolehan laba bersih tahun 2021.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023 SGRO mencetak laba bersih sebesar Rp483,71 miliar. Laba bersih ini turun dari tahun 2022 yang sebesar Rp1,04 triliun.

Sementara itu, penjualan SGRO mencapai Rp5,62 triliun di 2023, turun dari akhir tahun 2022 yang sebesar Rp5,67 triliun.

Sementara itu Stefanus selaku Investor Relations Saham SGRO menjelaskan bahwa CSR kita ada 6 Pilar yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, lingkungan dan sosial. Jadi kalau kita liat realisasinya di 5 tahun terakhir sekitar 6%. Kalau di kuartal pertama ini laba naik. Laba dari pendapatan turun tapi biaya progress kita turun 23%. Itu yang menyebabkan sisi laba kita naik,” ucapnya.

Outlook untuk di kuartal 2 Tahun 2024 kami melihat bahwa produksi akan semakin mengalami peningkatan dari kuartal 1 Tahun 2024. Nanti akan mencapai puncak lebih tinggi pada saat kuartal 3 dan 4. Sehingga secara overall kita melihat bahwa kita yakin di tahun ini kita targetkan bisa flat total produkainya dibandingkan tahun lalu. Kuartal 1 kita masih negatif 3%,” jelasnya.

Produksi sampai dengan bulan Mei karena memang dipublish bulan Mei. Kita akan rilis bersamaan dengan kuartal ke 2. Produksi kami kuartal 1 apabila dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun lalu itu sebesar 3% lebih rendah. Kalau kita lihat antara Sumatera dan Kalimantan ini mayoritas kontraksi di Sumatera. Sumatera lebih banyak tanaman-tanaman tua dan kita akan memasuki planting. Sumatera mengalami kontraksi produksi kurang lebih 20% di kuartal 1. Sedangkan di Kalimantan tanaman kami relatif memasuki usia yang lebih produktif umurnya,” paparnya.

Target pertumbuhan laba akan diiringi dengan target pertumbuhan produksi. Produk lain selain CPO, CPO tetap produk utama dari SGRO. Ada juga Kecambah Sawit itu dijadikan bibit dan ditanam. Pangsa pasar kami itu terbesar ke-2 di Indonesia. Selain itu kami punya jasa terintegrasi, memberikan rekomendasi pemupukan untuk perusahaan-perusahaan sawit lain. Juga pengetesan tanah untuk kualitas tanah. Kami juga memproduksi karet dari tanaman karet,” tutupnya.

Red Irwan




Wartawan di lapangan dibekali Kode Sandi untuk membuka DAFTAR WARTAWAN Dibawah ini:DAFTAR WARTAWAN>>>


Tentang Kami

Mediapatriot.co.id adalah portal berita online nasional yang menyajikan informasi aktual, terpercaya, dan berimbang. Kami hadir untuk memberikan akses berita yang cepat dan akurat kepada masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang sosial, hukum, budaya, pemerintahan, dan berbagai isu strategis lainnya.
Didirikan oleh jurnalis senior Hamdanil Asykar, Mediapatriot.co.id berkomitmen menjaga integritas jurnalistik dan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik sesuai pedoman Dewan Pers. Dengan jaringan kontributor di berbagai daerah, kami menghadirkan berita lokal dengan cakupan nasional.
Misi kami adalah menjadi media digital yang membangun kesadaran publik melalui berita-berita edukatif, mendalam, dan bebas hoaks. Kami percaya bahwa informasi yang sehat adalah pilar utama demokrasi dan kemajuan bangsa.
Tim redaksi kami terdiri dari wartawan-wartawan berpengalaman yang mengedepankan prinsip keberimbangan, cek fakta, dan validasi sumber dalam setiap pemberitaan. Kami juga membuka ruang partisipasi publik melalui opini dan laporan warga yang dikurasi secara profesional.
Mediapatriot.co.id juga menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan komunitas untuk mendorong literasi digital serta pemberdayaan masyarakat melalui media.
Untuk pertanyaan, saran, atau kerja sama media, silakan hubungi kami melalui halaman Kontak.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan