Sukseskan BBGRM Kota Bekasi, LPM Ciketingudik Gelar Penyuluhan Hukum dan Ideologi Kebangsaan

Kota Bekasi, MPN

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik bekerjasama dengan Polsek Bantargebang dan Koramil 05/Bantargebang melaksanakan Penyuluhan Hukum dan Ideologi Kebangsaan pada Selasa (28/5) malam. Kegiatan yang digelar di lingkungan RW 06 Kelurahan Ciketingudik ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sejak tanggal 21 Mei 2024.

 

Ada dua narasumber yang hadir dalam kegiatan ini, yakni Iptu Jamingan Ps Kanit Binmas Polsek Bantargebang yang memberikan pemaparan tentang Penyuluhan Hukum. Sedangkan Pelda Sarwono selaku pejabat Babinsa Ciketingudik dari Koramil 05/Bantargebang memberikan pemaparan tentang Ideologi Kebangsaan.

Nampak hadir dalam kegiatan ini, antara lain Lurah Ciketingudik Usep Sudharma Wijaya bersama Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin dan Koordinator BKM Ciketingudik Nawawi. Sementara para peserta berasal dari kalangan pengurus RT dan RW, ditambah jajaran pengurus organisasi masyarakat (Ormas) yang eksis di wilayah Kelurahan Ciketingudik.

Dalam pemaparannya, Iptu Jamingan berharap adanya Penyuluhan Hukum ini membuat masyarakat menjadi sadar dan melek hukum. “Penyuluhan hukum ini tentunya bertujuan untuk membuat masyarakat Ciketingudik menjadi sadar hukum dan melek hukum serta pelopor masyarakat yang taat hukum,” tegasnya.

Sementara, Pelda Sarwono menyampaikan pemaparan tentang Pancasila yang menjadi pilar Ideologi Kebangsaan. “Pancasila menjadi harga mati sebagai ideologi bangsa yang bisa membangkitkan jiwa nasionalisme masyarakat, terutama bagi kalangan masyarakat Kelurahan Ciketingudik,” ujarnya.

Usai kegiatan, Ketua LPM Ciketingudik Salim Samsudin menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat untuk Bidang Kemasyarakat. “Kami dari LPM Ciketingudik selaku pelaksana program ini berupaya menumbuhkan jiwa gotong royong masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, ini yang menjadi sasaran utama program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat,” paparnya.

Salim sepakat budaya gotong royong merupakan warisan leluhur yang harus dilestarikan seluruh masyarakat. “Gotong royong merupakan warisan khasanah bangsa yang menjadi salah satu modal sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” pungkasnya. (Mul)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan