TMMD Kodim Natuna Jadikan Geopark Nasional menuju Unesco Global Geopark

SMA 1 Bunguran Selatan Jadi Sasaran TMMD Nonfisik Sosialisasi Geopark Natuna

Natuna – MPI. Kodim 0318/Natuna melaksanakan salah satu program TMMD ke-110 di SMA 1 Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna pada Senin (8/3/2021). Program tersebut adalah sosialisasi terkait Geopark Natuna kepada sejumlah siswa sekolah itu.

Sebagai narasumber yakni Babinsa Desa Cemaga, personil Koramil 01/Ranai, Serda David Alaslan. Dalam kesempatan itu, David mengatakan bahwa geopark merupakan taman bumi hasil warisan geologi yang sudah berumur ribuan tahun.

”Dimana di Geopark dapat menceritakan sejarah terbentuknya suatu wilayah,” katanya.

Dia menjelaskan, di Kebupaten Natuna terdapat delapan Geopark yakni Tanjung datuk (Pengadah, Bunguran Timur Laut), Pantai Dan Lubang Kamak/Goa Kamak (Pengadah, Bunguran Timur Laut).

”Kemudian Pulau Senua (Sepempang, Bunguran Timur), Tanjung Senubing (Ranai, Bunguran Timur) dan Gunung Ranai (Ranai Darat, Bunguran Timur). Adapula Batu Kasah (Cemaga Tengah, Bunguran Selatan), Pulau Akar (Cemaga, Bunguran Selatan) dan Pulau Setanau (Sabang Mawang, Pulau Tiga),” jelas dia.

Selain itu, David juga memaparkan tentang keragaman hayati yaitu hewan dan tumbuhan. Dimana di pulau bunguran masih banyak tersimpan berbagai jenis burung , kera, buaya dan jenis jenis lainnya yang ada di dalam lautan seperti ikan dan terumbu karang.

”Wilayah Natuna ini sangat kaya akan objek yang dapat dijadikan tujuan wisata,” paparnya.

Dia pun mengajak para siswa untuk dapat berperan dalam menjaga dan melestarikan Geoprak sekaligus keragaman hayati yang ada. Kemudian menghormati dan mencintai adat istiadat seni budaya yang ada di masyarakat seperti silat, zapin, alu, dan hadra.

”Dengan kecanggihan teknologi saat ini, para siswa dapat memperkenalkannya melalui media sosial agar dapat di lohat oleh warga diluar wilayah Natuna,” pungkasnya.

(Red Irwan)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan