Prihatin Stok Kantong Darah Menipis, Gabungan Gereja di Galaxi Galang Aksi Donor Darah

Kota Bekasi, MPI
Aksi kemanusiaan digiatkan para pengurus dari seluruh gereja yang ada di kawasan perumahan Galaxi, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, melalui kegiatan donor darah yang dilakukan Minggu (9/5). Bakti sosial ini berhasil menjaring 100 pendonor yang kemudian diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Bekasi.

Para pendonor ini merupakan pengurus dan jemaat dari GBKP Galaxi, Gereja Methodist, Gereja Victori Hope Bekasi, GMAHK, GPIB Galilea, GBI Power, dan Gereja Toraja Galaxi, dan gereja lainnya yang berdomisili di kawasan Galaxi. Nampak antusiasme para pendonor yang notabene merupakan kaum Nasrani ini menyalurkan rasa kepedulian mereka terhadap masyarakat yang membutuhkan darah sehat dan segar demi kesehatan mereka.

Menanggapi aksi kemanusiaan ini, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi Abdul Manan memberikan rasa apresiasinya. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya terhadap sikap kebersamaan yang ditunjukkan kaum Nasrani dalam membantu sesama umat manusia tanpa memandang suku, ras, agama, dan golongan. “Setetes darah yang kita sumbangkan pasti memberikan mamfaat luar biasa dan bisa menolong nyawa bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Respon senada juga disampaikan Pembimas Kristen Kantor Kemenag Kota Bekasi M Manik. Pihaknya secara tegas mendukung aski donor darah ini sebagai wujud empati antat umat beragama di Kota Bekasi.

Dalam kesempatan yang sama, Pdt Djajang Buntoro, M.Th selaku penggagas aksi kemanusiaan ini menjelaskan aksi donor darah ini menindaklanjuti Surat FKUB tertanggal 13 April 2021 terkait penggalangan donor darah untuk mendukung program kerja PMI.

“Kami sangat prihatin karena tingkat kebutuhan darah sehat begitu tinggi sedangkan ketersediaan darah sehat semakin menipis. Makanya kami dari gabungan gereja yang ada di kawasan Galaxi ini sepakat untuk menggalang donor darah yang kelak bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya, didampingi Pdt Saul Ginting dari GBKP Galaxi selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan, Pdt Ompon Tambunan dari Gereja Metodis dan Ketua FKGG Thomson Sihombing.

Djajang menegaskan kegiatan ini juga sebagai pembuktian bagi kalangan umat Nasrani dalam menjaga toleransi antar umat beragama yang ada di Kota Bekasi. “Kami peduli, kami memberi, untuk seluruh umat, tak ada yang kami beda-bedakan sesuai semangat kami dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Kota Bekasi,” tegasnya. (Mul)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan