Audensi Bersama Mentan, Bupati Banggai: “Pemkab Banggai Siap Jalankan Program Integrated Farming”

BANGGAI, MPI_Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tomoreka didampingi Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan serta Kadis Peternakan dan Keswan Banggai menggelar audensi bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Kamis (16/12/21).

Audensi yang berlangsung di kantor Kementan RI Jakarta ini turut dihadiri anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tengah (Sulteng) Ahmad Ali dan beberapa Dirjen Kementan.

Pada kesempatan ini, Mentan Syahrul Yasin Limpo meminta Bupati Banggai untuk segera menginventarisir lahan-lahan yang bisa menjadi bagian dari program Kementerian Pertanian.

Dikatakan di Kementrian Pertanian tidak ada bantuan, yang ada program dengan skala ekonomi yang dihitung secara presisi, sehingga dalam jangka waktu tertentu semua pengeluaran bisa kembali.

“Saya tunggu laporan kesiapan Banggai, kita segera buat gugus tugas, minggu kedua dan ketiga Januari 2022 mulai lihat kondisi lapangan, awal Februari kita gerak,” tandasnya.

Bupati Banggai Ir. H. Amirudin Tamoreka bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Aleg DPR RI Dapil Sulteng Ahmad Ali.

Ditempat yang sama, anggota DPR RI Sulteng dari Partai Nasdem Ahmad Ali mengungkapkan di Sulteng terdapat sejumlah perusahaan raksasa bertaraf internasional.

“Di Banggai ada perusahaan gas, Morowali dan Morowali Utara (Morut) ada perusahaan-perusahaan tambang,” ungkapnya.

Ia mengatakan perusahaan-perusahaan itu tentu saja menbutuhkan suplai untuk kebutuhan pangan mereka.

“Petani setempat harus menjadi penyuplai utama kebutuhan pangan perusahaan-perusahaan tersebut. Kepala daerah harus punya cara agar hasil rakyatnya dulu yang dibeli perusahaan, kekurangannya baru ambil dari luar,” punhkasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Banggai menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai telah siap menjalankan program integrated farming yang digagas oleh Kementerian Pertanian.

“Insya Allah Pemkab Banggai siap menjalankan program integrated farming. Kami akan segera meyiapkan lahan di daerah Keles. Sementara untuk program yang sifatnya reguler maksimun kita akan siapkan di dataran rendah. Kami pastikan siap menyambut gugus tugas Kementan pada Januari mendatang,” tegasnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pemkab Banggai sangat konsen dengan sektor pertanian di Kabupaten Banggai sesuai dengan visi misi yang diusung.

“Pemkab Banggai sangat konsen serta memberikan perhatian extra pada sektor pertanian. Karena kami berharap dengan dukungan semua pihak, kuantitas dan kualitas pertanian di Kabupaten Banggai bisa lebih maju lagi kedepannya,” tutupnya.(dewi)

 


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan