Kwarran Kadudampit Kwarcab Kabupaten Sukabumi Selenggarakan Karang Pamitran 2022

SUKABUMI,MPI- Kegiatan Karang Pamitran adalah kegiatan yang dilakukan oleh para pembina Pramuka untuk membahas hal hal kepramukaan supaya ada keseragaman saat melaksanakan langkah langkah dalam latihan dan lainnya.

Kegiatan Karang Pamitran ini dilaksanakan di pangkalan Gugus depan SDN Kadudampit Kecamatan Kadudampit yang diikuti oleh 47 orang peserta yang terdiri dari pembina golongan siaga, penggalang dan penegak.

Kegiatan dilaksanakan dengan dua sesi, sesi pertama dilaksanakan di dalam ruangan dan sesi kedua di lapangan atau di alam terbuka.

Sesi pertama dilaksanakan mulai pukul 11:00 dengan acara: pembukaan oleh Kak Tuti Herawati kemudian prakata panitia oleh Kak. Gunawan. Beliau mengatakan pentingnya membuat gairah kembali kegiatan kepramukaan di Kwarran Kadudampit. Kegiatan karangpamitran ini juga diadakan untuk meyongsong satu even besar Kwartir Nasional yaitu kegiatan jambore nasional sekitar bulan Agustus 2022. Karang Pamitran ini juga dilaksanakan untuk mengingatkan kembali berbagai kegiatan kepramukaan di pangkalan.

Untuk sambutan pertama dilaksanakan oleh Kak Nani Suryani atas nama Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi.

Sambutan dari Kwartir Cabang yang sekaligus mewakili Ketua Kwarran yang tidak bisa hadir karena ada kegiatan menjadi pemateri PTK di Kecamatan Caringin. Kak Nani mengatakan bahwa kegiatan Kepramukaan di Kwarran tidak boleh vacum. Apalagi akan ada Kegiatan akreditasi yang kebetulan tahun ini baru ada dua sekolah yang siap yaitu SMPN 2 Kadudampit dan SDN 1 Puncakmanis.

Pramuka itu baik. Tidak ada anak Pramuka tawuran. Hidupkan kembali, gairahkan kembali, dengan pramuka kita bina lagi peserta didik sesuai dengan SKU.

Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan kedua dilaksanakan oleh Kak Yudi Ulfan atas nama pemateri. Beliau menegaskan bahwa Materi SKU adalah sebagai kurikulum pramuka. Persiapan Kegiatan Jamnas dari 9 kecamatan wilayah 1, ada seleksi tanggal 27 Maret 2022. Harapan menjadi peserta Jambore dari Kadudampit putra 2 dan putri 2. Akan diseleksi untuk mendapatkan lima 5 orang yang merupakan perwakilan dari wilayah 1.

Pangkalan bisa mengirimkan pesertanya pada kegiatan jambore dengan syarat gudepnya sudah atau sedang dalam proses akreditasi. Harus ada kebersamaan antara gudep yang satu untuk melaksanakan iuran rutin ke Kwarran. Anggaran akan berjalan dengan program kegiatan Kwarran. Pulang dari kegiatan Karangpamitran Kakak kakak dapat bekal ilmu dan pengalaman untuk diamalkan di Gudep.

Peralatan yang dibawa untuk kegiatan Karangpamitran adalah tongkat, tambang, bendera merah putih, pluit hatong. Jangan ada misskomunikasi di Kwarran baik antar pengurus atau antar pembina. Kita berjuang untuk membekali anak didik sekarang ke depan supaya menjadi anak berakhlaq baik.

Untuk sesi kedua dilaksanakan di lapangan. Kegiatan yang dilakukan adalah simulasi jenis jenis upacara yaitu upacara pembukaan latihan Siaga, Penggalang dan Penegak.

Masing masing golongan sudah ditentukan petugasnya. Untuk golongan siaga oleh Kak Tuti Herawati, Kak Nani Suryani dan Kak Eli. Untuk golongan penggalang oleh Kak Iman, Kak Yusina, Kak Hendrik dan Kak Susilawati. Dan golongan penegak oleh Kak Yudi Ulfan dan Kak Eneng Juju Kartika.

Kegiatan simulasi ini berjalan cukup menarik dan membuat para peserta ceria dan lebih memahami arti dan makna jenis jenis upacara sesuai golongan. Selain bentuk upacara yang disimulasikan juga ada sebagian bentuk permainan. Antusias para peserta kepada kegiatan simulasi ini cukup tinggi dan mereka berharap ke depan bisa diselenggarakan lagi.

Reporter : Sopandi
Editor : Hamdanil Asykar


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan