Islamic Entrepreneurial Marketing Festival 2023 – Influencer Award
MEDIAPATRIOT.CO.ID – Jakarta, 12 April 2023 – Dalam beberapa tahun terakhir, influencer muslim Indonesia semakin dikenal di media sosial. Kehadiran mereka menjadi indikasi potensi baru dalam dunia hiburan Indonesia, terutama karena konten hiburan sangat populer di kalangan masyarakat. Dalam hal ini, influencer muslim Indonesia bisa memimpin gerakan hiburan religi yang menarik perhatian banyak orang. Hal ini menunjukkan bahwa ada peluang besar untuk mengembangkan konten hiburan yang memiliki nilai religius dan menginspirasi bagi masyarakat Indonesia.
Tidak hanya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, para influencer muslim juga mendapatkan penghargaan sebagai bentuk kreativitas mereka dalam memberikan konten hiburan bernilai Islami dalam membantu perkembangan ekonomi di Indonesia. Sama halnya dengan indeks penilaian Government Award, Influencer Award juga menggali komponen penilaian dari creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership (CI-EL). Hal ini mendasarkan MarkPlus Islamic untuk mengambil seberapa kreatif dan inovatif jiwa entrepreneurship dan leadership yang dimiliki oleh para influencer.
Indeks penilaian Influencer Award dengan konsep creativity, innovation, entrepreneurship, dan leadership (CI-EL):
- Creativity, untuk melihat seberapa mampu influencer memanfaatkan social media yang ada secara kreatif. Contohnya adalah melihat jumlah kanal yang digunakan.
- Innovation, untuk menilai konten dakwah yang dibuat oleh influencer. Contohnya adalah melihat konsep konten yang dibuat.
- Entrepreneurship, untuk aspek ini menilai seberapa mampu influencer mempengaruhi seseorang dan mempertahankan engagement. Contohnya adalah melihat Likes & Comments.
- Leadership, untuk melihat seberapa banyak akun yang terpapar oleh konten yang mereka buat. Contohnya adalah melihat siapa pengikut / followers
Dengan menggunakan konsep CI-EL sebagai indeks penilaian, kini IEMF 2023 memberikan penghargaan Influencer Award kepada tiga pemenang sebagai perwakilan dari Pekanbaru, Semarang, dan Medan. Pemenang pertama IEMF 2023 diberikan kepada Hanisyah Sumiati, Perwakilan Daerah Pekanbaru, atas konten guyonan kreatifnya yang dianggap cukup relatable dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia pada umumnya. Melalui platform TikTok, Likee, SnackVideo, dan Instagram, Hanisyah berhasil memproduksi konten lifestyle comedy hingga menembus 2,1 juta views. Kemudian, pemenang kedua Influencer Award diberikan kepada Dhian Setyarini, Perwakilan Daerah Semarang, atas faktor entrepreneurial yang dimanfaatkan untuk mengunggah konten home & living decor disesuaikan dengan citra rasa masyarakat Indonesia.
Kemudian pemenang ketiga Influencer Award diberikan kepada Wenny Fatma, Perwakilan Daerah Medan, atas upayanya untuk membawa berbagai macam sub-topik di bawah tema parenting. Wenny menggarap sub-topik lifestyle tips & trick yang terdiri atas entrepreneurship secara umum dan dari kacamata seorang Ibu. Dalam rangka menjangkau para Ibu rumah tangga, Wenny menggunakan Facebook sebagai salah satu platform untuk membagikan konten. Selain itu, Wenny juga memanfaatkan platform Instagram dan Tiktok untuk mirroring konten yang dipublikasikan di Facebook guna menjangkau kelompok lainnya yang tertarik dengan tema parenting.
“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada IEMF 2023 karena telah memberikan penghargaan Influencer Award kepada saya sebagai perwakilan daerah Medan. Penghargaan seperti ini memberikan motivasi kepada saya untuk lebih memanfaatkan kanal sosial media untuk mengembangkan konten lifestyle juga tips & trick nya,” ucap Wenny.
Red Irwan