SANTRI DAYAH, TERPADU ACEH UTARA IKUTI, SOSIALISASI PENGAWASAN PEMILU.

ACEH, MPI – Sejumlah 30 santri dayah terpadu, al – madinatuddiniyah syamsudduha cot murong di kabupaten aceh utara. Mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu bagi pemilih pemula, sabtu 04/11/2023.

Sosialisasi pemilu, sebagai pembuka kegiatan sosialisasi tersebut. Di sampaikan koordinator divisi pencegahan partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat panwaslih aceh utara, hazimi abdullah cut agam.

Dalam materinya, hazimi. Memaparkan tentang pemilu demokratis itu, perlu ada peran serta pemilih pemula turut berpartisipasi mulai dari melaporkan diri ke panitia pemungutan suara (PPS) di gampong masing-masing bagi yang sudah masuk umur 17 tahun.

Menurutnya, sementara materi sosialisasi lainnya juga disampaikan oleh nara sumber bapak yusrizal, SH, MH, MNLTD. Paparan yang beliau sampaikan agar tercapai pemilu demokratis harus diatur melalui regulasi yang jelas, syarat lainya.

Penyelenggara harus mandiri, beritegritas dan kredibel, sementata dari sisi peserta pemilu juga harus taat aturan. Cerdas dan berpartisipasi untuk mentaati seluruh regulasi terkait pemilu, selain itu juga birokrasi juga harus netral.

Pentingnya pengawasan partisipatif ini karena merupakan bagian dari manifestasi kedaulatan rakyat, dalam penguatan partisipasi masyarakat mengawal demokrasi.

Dalam kesempatan itu, hazmi juga mengajak para santri mengawasi setiap potensi pelanggaran pemilu. Di antara pelanggaran itu, money politik (politik uang). Penyalah gunaan wewenang, inkonsistensi terhadap peraturan KPU dan berbagai potensi lainnya.

Para santri antusias mengikuti aosialisasi pengawasan pemilu bagi pemilih pemula, selain di lokasi pesantren. Panwaslih aceh utara juga melakukan sosialisasi kepada warga lainnya, di antaranya. Pelajar, kaum perempuan. Pemilih disabilitas yang telah di laksanakan sebelumnya, dengan bekerjasama dengan stakeholder yang ada di kabupaten aceh utara.

Harapannya dari kegiatan sosialisasi ini, dapat menjadikan pemilih pemula yang mandiri dan memahami dalam menentukan hak pilihnya pada pemilu tahun 2024 dapat digunakan dengan baik, pungkasnya.

(Pasukan Ghoib Kaperwil Aceh/Team)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan