Pemkab Banggai Gelar Rakor Evaluasi Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2021

BANGGAI, MPI_Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak gelombang III Kabupaten Banggai tahun 2021, Senin (29/11).

Rakor yang berlangsung di ruang rapat khusus kantor Bupati Banggai, kawasan perkantoran Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, dipimpin oleh Asisten I Setda Banggai, Judy Amisudin, S.H., M.H. mewakili Bupati Banggai.

Pada kesempatan ini, Judy menyampaikan rakor digelar dalam rangka untuk mengevaluasi rangkaian tahapan pelaksanaan pilkades, mulai dari tahapan persiapan dan penyelenggaraan pilkades, hingga saat ini yang telah masuk pada tahapan pendistribusian logistik dan masa tenang kampanye calon kades.

Lebih lanjut dikatakan, tahapan pemungutan dan perhitungan suara Pilkades serentak gelombang III Banggai tahun 2022 akan dilaksanakan pada Rabu, 01 Desember 2021.

Judy menegaskan melalui rakor ini diharapkan dapat diperoleh gambaran dan informasi mengenai hal-hal tahapan yang telah dan akan dilaksanakan, terutama kesiapan panitia kabupaten, kecamatan dan desa tentang tata laksana pemungutan dan perhitungan suara dengan tetap menegakkan penerapan protokoler kesehatan (prokes).

“Melalui kesempatan ini, kerjasama yang bersifat koordinasi dan konsultatif sesuai tugas dan wewenang masing-masing agar disampaikan guna menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kadis PMD Banggai, Drs. Amin Djumail, menuturkan ada 65 desa yang tersebar di 21 kecamatan akan menggelar pilkades serentak gelombang III tahun 2021.

Dengan rincian tiap kecamatan 1 desa yakni di Kecamatan Luwuk, Kintom, Batui, Mantoh, Balantak, Balantak selatan, Balantak Utara; tiap kecamatan 2 desa yakni di Kecamatan Luwuk Utara dan Nambo; tiap kecamatan 3 desa yakni di Kecamatan Luwuk Timur, Toili, Lamala, Pagimana dan Bunta; tiap kecamatan 4 desa yakni di Kecamatan Moilong, Simpang Raya dan Nuhon; 5 desa di Kecamatan Masama, 6 desa di Kecamatan Batui Selatan, serta 8 desa di Kecamatan Toili Barat dan Bualemo.

“Pilkades digelar di 65 desa yang tersebar di 21 kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 49.458 dan akan mengikuti pemungutan suara di 138 TPS,” tandasnya.

Sementara itu, terkait pengamanan, Kabag OPS Polres Banggai, AKP Laata, mengatakan Ops PAM Pilkades Serentak tahun 2021 sudah berjalan sesuai dengan tahapan.

“Kami mendapat dana hibah dari Pemda dan sudah dimasukan dalam kegiatan maupun setiap tahapan-tahapan Pilkades,” urainya.

Untuk penempatan atau pun ploting pengamanan TPS, lanjutnya, dilakukan sesuai dengan kriteria tingkat kerawanan.

“Untuk ploting pengamanan di TPS kita sesuaikan dengan kriteria kerawanan masing-masing desa,” tutupnya.

Rakor evaluasi Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III Tahun 2021 turut dihadiri Kabag hukum Setda Banggai, Kadis Kesehatan, Kasi Pidsus Kajari Banggai, Danramil Luwuk, Ketua KPU Banggai, Sekdis DPMD dan para Camat yang wilayahnya melaksanakan Pilkades.(dewi)


Klik Logo Diatas
Streaming 100.3FM Radio Elgangga

Siapakah Calon Walikota Bekasi 2024? Polling Diselenggarakan Oleh mediapatriot.co.id

View Results

Loading ... Loading ...


Baca Juga Berita Terbaru Hari Ini Seputar Politik, Pendidikan, Ekonomi, Bisnis, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Luar Negeri dan Dalam Negeri



Promosi Produk Harga Murah dengan Diskon Besar Hanya di Media kami Hubungi Bagian Promosi & Iklan mediapatriot.co.id KLIK DISINI


Posting Terkait

Jangan Lewatkan