Sekda Syamsudin S.Sos Mewakili Pj.Bupati Mesuji Sulpakar Melepas 35 Calon Haji ke Tanah Suci Berlangsung Di Masjid Wisata Religi Desa Wira Bangun

MESUJI-MEDIAPATRIOT.CO.ID -Polres Mesuji – Kapolres Mesuji AKBP Yuli Haryudo S.E dengan di Wakili Kapolsek Simpang Pematang menghadiri Pelepasan Jamaah Haji 1444 H/2023 Kabupaten Mesuji bertempat di Masjid Wisata Religi Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Kamis (08/06/23)

Hadir dalam Pelepasan, Pj. Bupati Mesuji diwakili oleh Sekda Sdr. Syamsudin,S.Sos, Ketua DPRD Mesuji Hj. Elfianah, Kapolres Mesuji diwakili oleh Kapolsek Simpang Pematang KOMPOL Muphian Somad S.H.,M.H, Dandim 0426 Tuba diwakili Danramil SP MAYOR Inf. Sutoto, Kabag Ops Polres Mesuji AKP Iwan Dharmawan, SH., M.H, Kakan Kemenag H. Johan Yusuf, S.Ag., M.Pd.I, Ketua MUI Mesuji KH Khusni Fadil,S.PdI, Para Asisten dan Kepala OPD Kabupaten Mesuji, Para Pejabat lingkup Kemenag Kabupaten Mesuji, Para Camat dan Kepala Desa di Wilayah Kabupaten Mesuji, Para Calon Jamaah Haji, Undangan dan keluarga pengantar Calon Haji Hadir +/- 500 orang.

Acara di awali sambutan dan laporan dari Kepala Kantor Kementrian Agamanya Kabupaten Mesuji H Johan Yusuf S.ag, M.Pd.I, dalam sambutannya ia menyampai kan pelaksanaan Pembimbingan Jamaah Haji yaitu Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Haji Reguler tingkat Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 22-29 Mei 2023 bertempat di Masjid Miftahul Iman Simpang Pematang, hal ini sesuai dengan juknis pelaksanaan Bimbingan Manasik yaitu, Bimbingan Manasik Haji untuk Calon Jamaah Haji Kabupaten Mesuji yang berjumlah 34 Orang terdiri dari 28 Orang calon Haji reguler dan 6 orang cadangan. Bimbingan Manasik Haji Reguler tingkat Kabupaten Mesuji dilaksanakan pada Tanggal 16-17 Mei 2023, bertempat di Masjid Miftahul Iman, Simpang Pematang.

Jumlah Jamaah haji reguler Kabupaten Mesuji pada Tahun 1444 H/ 2023 M berjumlah 36 orang dan 1 orang PHD serta 1 orang Paramedis dengan klasifikasi sebagai berikut:
– Berdasarkan jenis Kelamin Laki-laki sebanyak 18 orang dan Perempuan sebanyak 18 orang.
– Berdasarkan usia, Jamaah tertua atas nama Suparni (usia 93 Tahun 3 Bulan) dari Kec. Simpang Pematang dan Jamaah termuda atas nama Muhammad Nur kholik (usia 26 Tahun 3 bulan) dari Kecamatan Simpang Pematang.

Pembagian Kloter (Kelompok Terbang):
– Jamaah Haji Kabupaten Mesuji yang berjumlah 34 orang, tergabung di Kloter JKG 45 bersama Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 188 orang, Pesawaran 130 orang, dan Lampung Selatan sebanyak 33 orang ditambah PHD 3 orang, jumlah keseluruhan 388 orang.

Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Calon Jama’ah Haji Kabupaten Mesuji menurut Jadwal dari PPIH Embarkasi Jakarta adalah sebagai berikut:
– Masuk Asrama Haji Rajabasa, Kamis 8 Juni 2023 jam 19.00 WIB.
– Mulai X-Ray, Jum’at, 9 Juni 2023 jam 11.05 WIB.
– Berangkat dari Asrama Haji Rajabasa ke Bandara Raden Intan, Jum’at 9 Juni 2022 jam 13.35 WIB.
– Berangkat dari Bandara Raden Intan ke Bandara Soekarno-Hatta, Jum’at, 9 Juni 2022 jam 15.05 WIB.
– Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jum’at 9 Juni 2023 jam 20.35 WIB. Sehingga diperkirakan sampai di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada Sabtu, 10 Juni 2023 pada jam 00.35 WAS.
– Calon jama’ah haji Kloter JKG 45 akan menempati Maktab/Hotel di daerah Jarwal masuk di sektor 8 atau 9, dengan jarak terdekat 850 m dari Masjidil Haram.
– Adapun jadwal kepulangan jamaah haji yang tergabung dalam Kloter JKG 45 menurut Jadwal yang dikeluarkan oleh Dirjen PHU Kemenag RI adalah tanggal 21 Juli 2023, dan untuk estimasi waktu terbang dan kedatangan di Debarkasi menunggu informasi lebih lanjut dari PPIH Embarkasi Jakarta.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh PJ Bupati Mesuji yang diwakili oleh Sekertaris Daerah Syamsudin S.Sos, dirinya Mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji yang telah berkesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah haji. Karena Haji merupakan salah satu ibadah yang memiliki kedudukan yang sangat mulia dalam agama Islam. Ia merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang memiliki kemampuan fisik, mental, dan materi. Haji adalah perjalanan spiritual yang mengajarkan kita tentang kesederhanaan, kesabaran, keikhlasan, dan persaudaraan umat Islam di seluruh dunia.

Selama menjalani ibadah haji, jadikanlah kesederhanaan sebagai prinsip utama. Kita akan menghadapi berbagai ujian dan tantangan, mulai dari cuaca yang panas, kepadatan massa, hingga jarak yang harus ditempuh. Tetapi, jangan biarkan hal-hal tersebut menghalangi kesungguhan hati dan niat kita dalam menjalankan ibadah ini.

Kami menyadari betapa besar harapan dan impian yang terkandung dalam hati setiap calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah haji. Oleh karena itu, kami terus berupaya untuk memastikan bahwa persiapan dan pengorganisasian keberangkatan jamaah haji berjalan dengan lancar dan aman.

Apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses persiapan keberangkatan jamaah haji. Mulai dari panitia penyelenggara hingga tim medis, keamanan, dan logistik, semuanya bekerja keras demi keberhasilan pelaksanaan ibadah haji. Oleh karenanya, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Dukungan kalian memberikan semangat dan kekuatan bagi para calon jamaah haji.

Beberapa pesan penting kepada calon jamaah haji Kabupaten Mesuji yaitu :
– Pertama, jagalah kesehatan dan kebugaran tubuh dengan baik sebelum dan selama perjalanan haji. Ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat, jadi pastikan untuk menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, dan mengikuti anjuran medis yang diberikan.
– Jadikan ibadah haji sebagai momen introspeksi diri dan kesempatan untuk memperbaiki kehidupan kita. Gunakan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan, dan memperbaiki hubungan dengan sesama. Ambillah hikmah dan pelajaran dari setiap momen yang kita lewati selama ibadah haji.

Mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mesuji untuk mendoakan keselamatan, kelancaran, dan keberkahan bagi calon jamaah haji kita. Doa kita akan menjadi energi yang mendorong mereka dalam melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali kepada kita dengan selamat.

Semoga perjalanan haji para calon jamaah dari Kabupaten Mesuji berjalan dengan lancar, aman, dan membawa berkah yang melimpah. Kami mendoakan semoga Allah menerima semua amal ibadah yang dilakukan oleh calon jamaah haji kita, dan semoga senantiasa menjadi hamba-hamba-Nya yang taat, serta dapat menerapkan nilai-nilai kehidupan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Akhirnya, seraya memohon ridho Allah SWT, dan dengan mengucap “Bismillahirrohmanirrohim”, saya ucapkan selamat menempuh perjalanan bagi Rombongan Jamaah Calon Haji Kabupaten Mesuji Tahun 1444 Hijriah / 2023, semoga lancar dan menjadi haji yang mabrur”.

Acara di akhiri dengan Penyematan syal dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh KH Khusni Fadil,S.PdI selaku Ketua MUI Kabupaten Mesuji. (wyn